Jangan Sembarangan, Berikut Tips Menyimpan Telur di Kulkas yang Benar

Jangan Sembarangan, Berikut Tips Menyimpan Telur di Kulkas yang Benar

Tidak disarankan menyimpan telur di pintu kulkas karena dapat membuatnya cepat rusak.(Foto: SHUTTERSTOCK/JARABEE123)

Jakarta, Batamnews - Banyak yang asal-asalan ketika menyimpan telur di dalam lemari pendingin atau kulkas. Namun ternyata, ada cara menyimpan telur yang perlu diperhatikan.

Dokter spesialis gizi di RSIA Melinda Bandung, Johanes Casay Chandrawinata mengatakan, menyimpan telur di kulkas adalah pilihan yang bijak. Pasalnya, telur membutuhkan suhu yang cukup dingin, yaitu antara 4-8 derajat Celcius.

"Suhu dingin berguna untuk memperlambat perkembangan bakteri di dalam telur, salah satunya Salmonella yang bahaya kalau sampai termakan manusia," kata Johanes dilansir Batamnews dari CNNIndonesia.com, Rabu (31/8/2022).

Sebaliknya, saat telur disimpan di suhu ruang, bakteri jadi lebih mudah berkembang biak. Telur juga bisa cepat busuk dan rusak. Maka, pilihan menyimpan telur di kulkas memang sudah benar.

Baca juga: 6 Makanan yang Dapat Merusak Paru-paru, dari Sosis hingga Gorengan

Tapi ternyata ada beberapa cara menyimpan telur di kulkas yang benar. Berikut adalah hal-hal yang tak boleh dilakukan dan diperhatikan.

1. Jangan menyimpan telur di pintu kulkas

Pintu kulkas kerap menyediakan tempat penyimpanan telur. Tak sedikit juga orang yang sengaja menyimpan telur di pintu. Padahal, cara ini, menurut Johanes, benar-benar salah.

Alasannya, perubahan suhu di pintu kulkas sangat mudah terjadi. Hal ini berisiko merusak telur karena terlalu sering berada di tempat yang suhunya mudah berubah.

"Lebih baik simpan telur di dalam kulkas, tapi jangan di freezer, yang suhunya stabil saja antara 4 sampai 8 derajat Celcius," kata Johanes.

 

2. Telur tak perlu dicuci

Sebagian orang mungkin menganggap telur yang dicuci lebih sehat dan bersih. Padahal, cara ini berbahaya karena bisa membuka pori-pori pada cangkang telur dan membuatnya mudah dimasuki bakteri.

"Apalagi kalau mencuci pakai sabun, ini tidak boleh sama sekali," kata dia.

3. Jangan menyimpan telur secara terbuka

Simpan telur di dalam kulkas, lengkap dengan karton yang biasanya jadi wadah telur saat dibeli. Artinya, telur tak perlu dikeluarkan dulu dari wadah. Langsung saja simpan di dalam kulkas.

Menurut Johanes, kehadiran karton bisa menghambat masuknya bakteri atau patogen lain ke dalam telur.

Tapi, jika telur tidak memiliki karton, sebaiknya simpan telur di wadah yang sangat tertutup. Cara berguna agar telur tidak bercampur dengan aroma lain di dalam kulkas.

Baca juga: Awas! Konsumsi Berlebihan 4 Jenis Makanan Ini Bikin Wajah Tampak Lebih Tua

4. Perhatikan tanggal kedaluwarsa

Seperti makanan lainnya, telur juga memiliki masa kedaluwarsa. Jika Anda membeli telur, sebaiknya tanyakan kapan masa pemakaiannya habis.

5. Perhatikan posisi penyimpanan

Biasanya Anda mungkin menyimpan telur seenaknya. Ada yang menonjol ke bawah atau sebaliknya. Padahal, cara menyimpan telur ini penting karena bisa memengaruhi kualitas isi telur.

"Sebaiknya bagian kecilnya telur yang menonjol itu di bawah, dan yang gemuk bulat besarnya itu di atas. Ini estetika isi telurnya, ya, agar kuningnya bisa berada di tengah-tengah," kata dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews