Hati-hati, 7 Makanan Ini Bisa Memicu Radang Usus Buntu

Hati-hati, 7 Makanan Ini Bisa Memicu Radang Usus Buntu

Ilustrasi gorengan (Foto: ashishacoway/Pixabay)

Jakarta, Batamnews - Penyakit usus buntu merupakan peradangan pada usus buntu atau apendiks. Banyak faktor yang diduga dapat memicu penyakit radang usus buntu.

Seseorang dapat menderita radang usus buntu karena beberapa faktor, seperti infeksi cacing atau parasit, penyumbatan oleh feses, cedera di bagian perut, dan pembesaran kelenjar getah bening di dinding saluran cerna.

Tidak hanya itu, konsumsi jenis makanan tertentu juga diketahui dapat memicu terjadinya peradangan pada usus buntu. Untuk itu, demi menghindar radang usus buntu, Anda perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Baca juga: Daftar 5 Menu Sarapan Ampuh Usir Kolestrol Jahat

Ada beberapa makanan yang bisa memicu radang usus buntu. Mengutip berbagai sumber, berikut diantaranya.

1. Produk olahan daging

Produk olahan daging seperti nuget, sosis, hingga bakso kerap menyebabkan usus buntu. Gara-garanya, kandungan seratnya yang dinilai rendah.

Sebagaimana diketahui, serat adalah zat yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan agar dapat berfungsi dengan baik. Akibat kekurangan serat, organ pencernaan akan mengalami masalah yang bisa saja berujung pada kondisi usus buntu.

2. Makanan yang digoreng

Makanan penyebab usus buntu lainnya adalah apa pun yang digoreng. Makanan yang digoreng mengandung lemak yang tinggi dan bisa menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan.

Konsumsi makanan tinggi lemak sangat dilarang jika Anda menderita radang usus buntu atau dalam periode pasca-operasi, karena makanan ini sulit dicerna.

 

3. Biji-bijian

Biji-bijian seperti gandum maupun yang lainnya tergolong ke dalam jenis makanan yang sulit untuk dicerna oleh usus. Saat makanan sulit dicerna, otomatis makanan tersebut akan mengendap di dalam usus.

Jika terus menerus dibiarkan hingga menumpuk, makanan yang mengendap dan semakin mengeras tersebut akan menutupi rongga yang ada pada usus buntu. Usus buntu pun akan mengalami peradangan.

4. Makanan pedas

Pada dasarnya, makanan pedas tak secara langsung memicu usus buntu. Namun, asupan makanan pedas bisa menimbulkan gangguan pencernaan.

Gangguan pencernaan dapat menyebabkan rasa sakit yang parah di daerah antara tulang dada dan pusar, serta mual. Rasa sakitnya bisa sangat tidak nyaman sehingga bisa disalahartikan sebagai radang usus buntu atau usus buntu yang pecah.

Baca juga: Waspada, 10 Kebiasaan Sehari-hari Ini Picu Kematian Dini

5. Daging merah

Daging juga berpotensi menjadi makanan yang memicu usus buntu. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan daging terlebih dahulu kemudian masak sampai benar-benar matang sebelum Anda mengonsumsinya.

6. Makanan terlalu manis

Gula tambahan bisa berdampak buruk buat kesehatan. Gula dapat memicu diare dan memperburuk peradangan pada usus buntu. Anda perlu menghindari makanan penyebab usus buntu yang mengandung gula tambahan.

7. Alkohol dan minuman bersoda

Alkohol memang dikaitkan dengan berbagai risiko peningkatan penyakit. Dalam kasus usus buntu, alkohol juga bakal berbahaya untuk liver dan berefek buruk pada pencernaan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews