10 Tips Mengatasi iPhone yang Cepat Panas

10 Tips Mengatasi iPhone yang Cepat Panas

Ilustrasi iPhone. (Foto: Daniel Romero/Unsplash)

Batam, Batamnews - Penyebab iPhone cepat panas bisa menandakan adanya masalah pada ponsel. iOS hingga saat ini adalah salah satu sistem operasi seluler paling tangguh.

Beberapa versi iPhone bisa mengalami panas berlebih. iPhone atau iPad bekerja paling baik antara 0 °C dan 35 °C. iPhone memang punya manajemen daya dan panas otomatis.

Namun, terkadang mereka juga bisa cepat panas karena sejumlah alasan. Penyebab iPhone cepat panas biasanya dipicu oleh penggunaan berlebihan. Selain itu juga dapat disebabkan oleh banyak faktor berbeda.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika iPhone panas? Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Baca juga: iPhone dan iPad Jadul Dapat Pembaruan OS dari Apple, Ini Daftarnya

1. Tinggalkan tempat yang bersuhu panas

Saat menyadari sedang berada di tempat dengan suhu panas, sebaiknya segera tinggalkan tempat tersebut. Jangan biarkan iPhone terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama dan pindah ke lingkungan yang lebih sejuk atau jauh dari paparan matahari langsung.

Tak hanya itu, jangan pula meninggalkan iPhone di dalam mobil di parkiran luar ruangan dengan suhu panas tinggi. Sebab, berisiko panas mendadak tanpa sepengetahuan pengguna.

2. Jangan gunakan pendingin

Saat iPhone sudah telanjur panas, biarkan hp mendingin dengan sendirinya di tempat yang sejuk. Namun, jangan memasukkan hp ke pendingin apa pun. Misalnya, kulkas maupun kotak pendingin (cooler box). Perubahan suhu secara drastis juga bisa merusak iPhone.

3. Periksa penggunaan baterai

Penyebab iPhone panas terkadang karena baterai hp memang sudah rusak. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan berkala pada penggunaan baterai.

Nantinya, akan ada tingkat kualitas baterai, misalnya 100 persen, 95 persen, 90 persen, atau bahkan sampai 50-70 persen. Semakin rendah, artinya kualitas baterai memang sudah menurun dan sebaiknya diganti.

 

4. Jangan gunakan iPhone saat isi daya

Biarkan sistem iPhone fokus mengisi daya terlebih dahulu, baru Anda gunakan untuk membuka aplikasi. Artinya, jangan mainkan iPhone sambil di-charge.

5. Lepaskan case hp

Jika Anda menggunakan pelindung atau case hp, maka sebaiknya lepas dulu ketika iPhone panas. Sebab, penggunaan case bisa menghalangi keluarnya udara panas dari dalam iPhone ke luar. Anda bisa memakai case iPhone jika Hp sudah mulai mendingin.

6. Kurangi kecerahan layar iPhone

Tingkat kecerahan layar iPhone juga bisa memengaruhi penggunaan baterai. Saat Hp panas, maka Anda bisa mengurangi tingkat kecerahan layar iPhone selama beberapa saat.

7. Aktifkan airplane mode

Jika iPhone panas karena terlalu banyak aktivitas yang menyedot data seluler, maka sebaiknya aktifkan mode pesawat (airplane). Lalu, biarkan iPhone istirahat sejenak.

Baca juga: Cara Mudah Download Video Facebook di Desktop dan HP Tanpa Aplikasi Tambahan

8. Matikan aplikasi GPS sampai game

Biasanya penggunaan aplikasi GPS, streaming video, sampai game akan menyedot daya baterai dalam jumlah tinggi. Untuk itu, jika sudah tidak digunakan, sebaiknya segera tutup aplikasi.

9. Tutup aplikasi yang tak terpakai

Jika penyebab iPhone panas karena penggunaan aplikasi yang terlalu banyak, maka tutup aplikasi yang tak terpakai.

Toh, Anda tak bisa fokus melihat berbagai aplikasi berjalan bersamaan. Maka sebaiknya tutup yang tak terpakai agar sistem tak terlalu banyak menyedot daya baterai dan data seluler.

10. Matikan iPhone

Jika cara-cara di atas belum ampuh, maka Anda bisa mematikan iPhone. Ini memberi istirahat total pada sistem pengoperasian Hp, sehingga bisa mendingin lebih cepat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews