CSR Bank Riau Kepri Syariah Bantu Ratusan Pelaku UMKM di Tanjungpinang

CSR Bank Riau Kepri Syariah Bantu Ratusan Pelaku UMKM di Tanjungpinang

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma bersama perwakilan Bank Riau Kepri Syariah menyerahkan bantuan untuk pelaku UMKM di Kota Tanjungpinang. (Foto: ist Pemko Tanjungpinang)

Tanjungpinang, Batamnews - Komitmen Bank Riau Kepri Syariah dalam mendorong dan membantu meningkatkan ekonomi masyarakat, terutama pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), kembali direalisasikan dengan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR).

Bantuan berupa peralatan usaha ini diserahkan langsung oleh Wali Kota Tanjungpinang, Rahma bersama perwakilan Bank Riau Kepri Syariah kepada pelaku UMKM di Tanjungpinang. Menariknya, bantuan usaha ini diberikan sesuai permintaan dan kebutuhan UMKM.

Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi Sekretariat Daerah Kota Tanjungpinang Hermawan menjelaskan, bantuan CSR ini merupakan bagian dari kegiatan peningkatan dan pengembangan pelaku UMKM Kota Tanjungpinang.

Baca juga: Oknum Satpol PP Diduga Terlibat Peredaran Narkoba di Tanjungpinang

Sebelum diserahkan, UMKM telah diklasifikasi dan disurvei oleh tim dari Bagian Ekonomi, Camat dan Lurah Kota Tanjungpinang yang bekerja sama dengan Bank Riau Kepri Syariah Cabang Tanjungpinang.

"Kita sudah menyerahkan bantuan peralatan usaha kepada 479 UMKM di Tanjungpinang," ujar Hermawan melansir laman resmi Pemko Tanjungpinang, Jumat (2/9/2022) lalu.

Ia mengungkapkan, bantuan peralatan diserahkan sesuai dengan permintaan dari UMKM. Selain itu, permintaan tersebut juga harus sesuai dengan jenis usaha yang mereka geluti seperti penjahit akan diberikan mesin jahit.

Baca juga: Kerja 6 Bulan, Oknum ART di Tanjungpinang Kuras Isi ATM Milik Majikan Rp 120 Juta

"Yang selama ini tidak memiliki peralatan kita serahkan sesuai dengan jenis usaha. Mereka yang minta sendiri, tidak sesuai jenis usahanya, kita tidak berikan," jelasnya.

Menurut Hermawan, bantuan tersebut diberikan untuk menumbuh kembangkan UMKM, apalagi dimasa pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap keberlangsungan UMKM.

Pemko Tanjungpinang, tambahnya kembali akan menyerahkan bantuan peralatan usaha dari CSR Bank Riau Kepri Syariah untuk UMKM. Dalam waktu dekat direncanakan ada 431 UMKM dan industri kecil menengah (IKM) akan menerimanya.

"Sudah didata UMKM dan IKM yang menerima, sekarang masih ada proses administrasi yang harus diselesaikan," imbuhnya.

(ruz)