Meriahnya Bulang Fun Day, Wali Kota Batam Sampai Betah Nonton

Meriahnya Bulang Fun Day, Wali Kota Batam Sampai Betah Nonton

Foto: ist

Batam, Batamnews - Kemeriahan perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (RI) masih terasa hingga hari ini. Berbagai perlombaan merayakan kemerdekaan di Pulau Buluh, Kecamatan Bulang, Batam, Kepulauan Riau masih diadakan hingga, Selasa (30/8/2022).

Adapun berbagai perlombaan yang digelar yaitu, lomba sampan ketinting, perahu layar, karnaval pawai budaya, kapal speed boat dan perahu jong. Berbagai perlombaan itu dikemas dalam satu acara Bulang Fun Day. 

Kegiatan ini mendapat antusias luar biasa dari masyarakat Batam. Ribuan orang menyaksikan berbagai perlombaan di perairan pulau buluh, hingga memadati pelantar rumah, dermaga, hingga melihat dari atas kapal. 

Baca juga: Pesta Rakyat Belakangpadang Berlatar Gedung Pencakar Langit

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi membuka kegiatan Bulang Fun Day dengan melepas garis start perlombaan kapal speed boat dan perahu layar. Pada kesempatan itu, Rudi mengajak seluruh masyarakat Kecamatan Bulang, agar memaknai tema HUT ke-77 RI tahun ini yakni ‘Pulih Lebih Cepat Bangkit lebih Kuat’.

“Ayo, saat ini waktunya untuk bergegas, tidak lagi berleha-leha,” ujar Rudi. 

Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari salah satu tokoh masyarakat pesisir Pulau Batam, Hasim. Ia menyediakan seluruh kapal yang digunakan peserta untuk berlomba speed boat dan mendukung kegiatan ibu-ibu PKK kelurahan serta hadiah. 

Hasim bahkan menjadi sponsor utama pada kegiatan pesta rakyat yang berlangsung di Pulau Buluh itu.

Baca juga: Para Pencari Rezeki di Momen HUT RI, Sehari Bisa Raup Jutaan Rupiah

Dalam perlombaan kapal speed boat itu, ada belasan kapal yang siap beradu cepat untuk memperebutkan hadiah dan trofi Bulang Fun Day.

“Kita ingin momen hari kemerdekaan, Bulang Fun Day ini bisa dirasakan semua kalangan masyarakat. Tak hanya di pusat kota, masyarakat di pesisir pulau pun dapat merasakan kemeriahan perlombaan-perlombaan dalam sempena hari kemerdekaan ini,” ujar Hasim. 

Ia mengaku bahwa dirinya memiliki kesadaran untuk mendukung kegiatan perlombaan yang melibatkan masyarakat pesisir. Agar perayaan HUT RI dapat dirasakan langsung oleh masyarakat pesisir, tidak hanya masyarakat perkotaan saja. 

“Jadi kemeriahan perayaan kemerdekaan itu bisa terasa juga di kawasan pesisir,” katanya.

 

Sementara itu, Camat Bulang, Ramadhan menyampaikan bahwa kegiatan perlombaan untuk merayakan HUT RI tidak dilaksanakan dalam dua tahun terakhir karena Pandemi Covid-19. 

“Setelah dua tahun tak ada kegiatan. Kali ini pulau buluh ramai. Acara Bulang Fun Day termasuk sukses. Sampai pak wali kota betah nonton dari awal kegiatan,” ucap Ramadhan. 

Ia menjelaskan, berbagai perlombaan Bulang Fun Day ini bertujuan untuk merawatnya permainan tradisional yang menjadi warisan budaya masyarakat pulau pesisir di Kepri. 

“Iya, Alhamdullillah pelaksanaan perlombaan semarak kemerdekaan tahun ini berlangsung meriah dan semua berjalan lancar.

(ret)
Komentar Via Facebook :