Mantap! Batam Tourism Polytechnic Masuk Daftar Perguruan Tinggi Terbaik di Dunia Versi Webometrics

Mantap! Batam Tourism Polytechnic Masuk Daftar Perguruan Tinggi Terbaik di Dunia Versi Webometrics

Kampus Batam Tourism Polytechnic di kawasan Tiban, Batam.

Batam, Batamnews - Webometrics kembali merilis daftar perguruan tinggi terbaik di dunia edisi Juli 2022. Sejumlah politeknik di Indonesia masuk dalam daftar perguruan tinggi bergengsi. 

Webometrics Ranking of World Universities merupakan pemeringkatan perguruan tinggi dunia yang dinisiasi Cybermetrics Lab. Yakni, kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol.

Ada 15 politeknik yang dirilis sebagai politeknik bergengsi di Indonesia, dan Politeknik Pariwisata Batam atau lebih dikenal Batam Tourism Polytechnic (BTP) berada pada urutan ke-15 dan Politeknik Negeri Batam berada pada urutan ke-13. 

Baca: Pemkab Lingga Gandeng BTP Optimalkan SDM Pariwisata

Direktur BTP, Nur Nasution sangat bangga karena perguruan tinggi yang dipimpinnya masuk dalam daftar perguruan tinggi berdasarkan penilian Webometrics. 

“Webometrics mengkaji perguruan tinggi level dunia, sehingga otomatis BTP masuk level dunia juga, ini kami sangat bangga sekali,” ujar Nur kepada Batamnews, Jumat (26/8/2022). 

Capaian tersebut menurut Nur sangat membanggakan, karena BTP bersaing mengalahkan politeknik yang lebih tua dan lebih besar. Namun ternyata BTP bisa menjadi perguruan tinggi bergengsi. 

“Dari 15 politikenik yang dirilis Webometrics, hanya BTP satu-satunya politeknik pariwisata,” kata dia. 

Nur menjelaskan, ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan Webometrics, yaitu penelitian dan keaktifan di dunia nyata para mahasiswanya. 

Baca: Pertama di Sumatera, BTP Buka Program Magister Pariwisata

Kemudian, keterbukaan akses, jumlah peneliti atau dosen, dan jumlah publikasi yang mengutip informasi dari situs universitas tersebut dan diperbarui setiap enam bulan.

“Banyak penilaiannya, tidak mudah masuk daftar Webometrics,” ungkapnya. 

Pihaknya berharap, BTP bisa menaikkan lagi peringkat mereka menjadi peringkat 10 atau yang lebih tinggi lagi. Namun tentunya, mereka tetap akan berusaha semaksimal lagi. 

“Kami terus berupaya BTP tetap menjadi perguruan tinggi terbaik di golongannya,” katanya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews