Banyak Jalan di Batam Rusak, Tumbur Sihaloho: Asal Bangun Tanpa Kajian

Banyak Jalan di Batam Rusak, Tumbur Sihaloho: Asal Bangun Tanpa Kajian

Sekretaris Komisi I DPRD Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Tumbur M Sihaloho (Foto: Arjuna/Batamnews)

Batam, Batamnews - Sekretaris Komisi I DPRD Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Tumbur M Sihaloho mengetahui banyak jalan di Batam yang kondisinya cukup buruk.

Kacamata publik melihat Batam dari segi infrastruktur pada pusat-pusat kota saja. Akan tetapi, beberapa ruas jalan di sudut Kota Batam banyak yang masih perlu diperbaiki.

Tumbur pun menyayangkan dinas terkait yang kurang awas akan hal tersebut. Pemerintah harusnya jeli dan cepat tanggap menanggapi jeritan masyarakat soal jalan tersebut.

"Harusnya seperti itu, pemerintah harus jeli dan cepat menanggapi. Memang persoalan jalan ini tak bisa diselesaikan dengan sekejap, tapi kalau hanya sebatas penambalan, itu tidak akan bertahan lama," ujar dia, Rabu (17/8/2022).

Tumbur juga menyinggung perihal skema pengerjaan jalan di Batam. Ia berpendapat jika pembangunan jalan Batam tak punya analisis yang dalam.

"Sebenarnya dalam membangun itu ada aspek-aspek yang perlu dikedepankan. Perlu juga analisa mendalam meliputi banyak hal dalam setiap pembangunan, termasuk dalam pengerjaan jalan. Tapi saya lihat, sejauh ini mereka (pemerintah) asal kerja saja, yang penting jadi," kata Tumbur.

Jika dengan pola seperti itu, ia yakin hasil dari pembangunan atau perbaikan jalan tidak maskimal. Hanya menghabis-habiskan uang saja.

"Itu yang saya sesalkan, mereka seperti tak menganalisis pembangunan. Jadi sejauh ini pemerintah membangun tanpa kajian, asal bangun saja. Makanya kalau itu tidak dilakukan dengan baik, maka percuma," katanya.

Ia minta Pemko Batam segera berbenah dan mengkaji ulang setiap hal yang dibangun termasuk jalan.

Setiap jalan yang rusak, Tumbur juga minta pihak terkait cepat menuntaskannya. Jangan sampai masyarakat menjadi kewalahan karena kondisi jalan yang tak memadai untuk dilalui.

(jun)
Komentar Via Facebook :