Danlantamal IV Tanjungpinang Pimpin Apel dan Renungan Suci di TMP Pusara Bhakti

Danlantamal IV Tanjungpinang Pimpin Apel dan Renungan Suci di TMP Pusara Bhakti

Seremoni kehormatan dan renungan suci di TMP Pusara Bhakti, Tanjungpinang. (Foto: elf/batamnews)

Tanjungpinang, Batamnews - Apel kehormatan dan renungan suci digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pusara Bhakti, KM 5 Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Rabu (17/8/2022) dini hari.

Apel kehormatan dan renungan suci merupakan suatu penghormatan terhadap para pahlawan yang telah gugur dalam rangka merebut kemerdekaan dari tangan para penjajah.

Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Kemas Muhammad Ikhwan Madani menjadi inspektur upacara.

Sementara bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Mayor Laut (K) Muji Wilestanto dan Periwra Upacara adalah Mayor Marinir Abdul Malik. 

Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dan dilanjutkan dengan pembacaan Teks Kehormatan dan Renungan Suci yang dibacakan oleh Laksma TNI Kemas M Ikhwan Madani.

"Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian kehormatan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian demi kebahagiaan negara dan bangsa," kata Kemas.

Kemas melanjutkan bahwa perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kita semua, dan sebagai penerus bangsa kita wajib meneladani perjuangan para pahlawan bangsa. 

Upacara apel kehormatan dan renungan suci yang diikuti masing-masing satu peleton jajaran TNI AD, AU, AL, dan Polisi tersebut berlangsung dengan sangat khidmat. 

Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Provinsi Kepulauan Riau akan digelar di Gedung Daerah, Tanjungpinang.

Sementara itu, jumlah pahlawan yang dimakamkan di TMP Pusara Bhakti yaitu TNI 120 orang, Pegawai Sipil 7 orang, Pejuang Rakyat 3 orang, dan pahlawan tidak dikenal 3 orang. 

(CR1)
Komentar Via Facebook :