Kapal Penuh Emas yang Karam 300 Tahun Lalu Ditemukan

Kapal Penuh Emas yang Karam 300 Tahun Lalu Ditemukan

Ilustrasi koin emas yang ditemukan di Kapal San Jose. (foto: istimewa/cnn)


BATAMNEWS.CO.ID, Kolombia - Pihak Otoritas Kolombia menemukan bangkai kapal Spanyol, San Jose yang ditaksir membawa harta karun senilai satu miliar poundsterling atau setara Rp 20 triliun yang tenggelam di kedalaman Pantai Catagena, Kolombia.

"Kabar baik! Kita telah menemukan kapal San Jose," kicau Presiden Kolombia, Juan Manuel Santos melalui akun Twitter miliknya @JuanManSantos, dilansir dari Independent, Minggu (6/12/2015).

Penemuan kapal bersejarah ini sempat memicu konflik antara pemerintah Kolombia dan Armada, Pencarian di Laut atau Sea Search Armada (SSA) milik AS mengenai hak kepemilikan.

Presiden Kolombia Juan Manuel Santos mengatakan tim pencari telah menemukan bangkai kapal Spanyol yang tenggelam di pesisir Cartagena 300 tahun lalu. Kapal itu dipercaya membawa banyak permata, koin emas, dan koin perak.

Koran the Daily Mail melaporkan, Jumat (5/12/2015), kapal bernama San Jose itu tenggelam pada 1708 di Laut Karibia, dekat kota pelabuhan Cartagena.

Bangkai kapal itu ditemukan di dekat Pulau Rosario, perairan Baru.

Kapal itu adalah bagian dari armada laut Raja Philip V ketika berperang melawan Inggris. Kapal itu tenggelam akibat diserang pasukan Inggris.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews