Mantap, Bintan Ekspor 9,5 Ton Ikan Fillet Kerapu dan Kakap ke Australia

Mantap, Bintan Ekspor 9,5 Ton Ikan Fillet Kerapu dan Kakap ke Australia

Ekspor olahan ikan dari Bintan, Kepulauan Riau.

Bintan, Batamnews - Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau mengekspor 9,5 ton ikan fillet beku jenis kerapu dan kakap sebanyak 9,5 ton ke Australia. 

Produk itu diekspor oleh PT Bintan Intan Gemilang (BIG) dengan kontainer 20 feet ke negara Kangguru itu pada Sabtu (13/8/2022).

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan memberikan apresiasi dan rasa bangganya, karena biasanya selama ini pengeksporan hasil olahan ikan harus melewati negara tetangga seperti Singapura. Namun sekarang komoditas ekspor tersebut sudah bisa langsung dikirim ke negara tujuan dari Kabupaten Bintan.

" Kita berharap kegiatan ekspor olahan ikan ini kedepannya dapat berkelanjutan dan semakin berkembang. Apalagi komoditas olahan ini dapat langsung diterima negara tujuan Australia karena biasanya kita ekspor harus melalui negara Singapura dulu, kita harapkan kegiatan ini dapat continue dan mungkin bisa berkembang ekspor ke negara-negara lainnya,” katanya.

Sementara itu, CEO PT. BIG, Dinaria, mengatakan perusahaannya sudah melakukan ekspore ikan sejak 2018. Rata-rata per bulan perusahaannya mengekspor ikan mencapai 2 kontainer ukuran 20 feet.

"Jadi ikan segar yang diekspor itu merupakan hasil tangkapan nelayan tradisional. Sekali ekspore itu bisa 9,5 ton," sebutnya.

Komoditas olahan ikan Kakap dan ikan Kerapu tersebut merupakan produk lokal asli Bintan yang dikerjakan langsung oleh tenaga lokal. Sebab 90 persen tenaga kerja yang berada di PT BIG ini merupakan asli Kepri. 

Bahkan produk komoditas olahan ikan yang dibuat tenaga kerja lokal ini juga telah mampu bersaing dengan negara lainnya. Seperti Vietnam dan Singapura.

"Kita tidak kalah dengan negara lain makanya kita bisa ekspor langsung ke negara tujuan Australia dari Bintan," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews