Stunting Capai 300 Kasus, Roby Komitmen Cukupi Gizi Balita dan Bumil di Bintan

Stunting Capai 300 Kasus, Roby Komitmen Cukupi Gizi Balita dan Bumil di Bintan

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan saat bermain bersama sejumlah anak-anak di Bintan.

Bintan, Batamnews - Pemkab Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), telah menyiapkan berbagai inovasi dan terobosan guna memperkuat daya tubuh serta kecukupan gizi balita maupun ibu hamil (bumil).

Bedasarkan data, kasus stunting di Kabupaten Bintan telah menyentuh diangka 300 kasus. Stunting merupakan masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan anak.

Seperti tinggi badan anak terhambat dan lebih rendah dibandingkan anak-anak lainnya.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, Pemkab Bintan telah membentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS). Kemudian juga menyerahkan paket makanan tambahan untuk balita dan bumil

"Kemarin kita serahkan 110 paket makanan tambahan balita dan ibu hamil di Desa Kelong. Tidak hanya di desa ini aja tetapi juga seluruh masyarakat di Bintan khususnya yang sedang hamil atau memiliki balita," ujar Roby, kemarin.

TPPS akan melakukan berbagai upaya. Baik intervensi gizi sensitif maupun intervensi gizi spesifik yang mendukung peningkatan kualitas gizi dan kesehatan pada usia remaja, ibu hamil, akses air minum layak, sanitasi layak, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Juga akses pangan bergizi, ketahan pangan serta Perlindungan Sosial jaminan Kesehatan (JKN), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Penerima BNPT dan juga perilaku hidup bersih dan sehat.

Jadi dia meminta kepada masyarakat untuk terus berkoordinasi jika anaknya terlihat gejala stunting. Khususnya para ibu-ibu jangan sungkan-sungkan langsung laporkan, baik itu dengan pihak puskesmas terdekat maupun aparatur desa dan kelurahan.

"Kita ingin semua anak-anak kita tumbuh sehat dan cerdas," sebutnya.

Dia sangat yakin bahwa usaha yang dilakukan serta doa maupun dukungan masyarakat akan mampu menurunkan angka stunting tersebut bahkan menjadikan Bintan bebas stunting.

"Ini ikhtiar kita bersama. Doa juga kita iringi bersama, tinggal kita melihat bagaimana perkembangan dan hasilnya," ucapnya.

(ary)
Komentar Via Facebook :