Bahaya! Ini 18 Aplikasi Penyedot Pulsa di Android dan iPhone

Bahaya! Ini 18 Aplikasi Penyedot Pulsa di Android dan iPhone

Foto: shutterstock

Jakarta - Kelakuan malware ada bermacam, dari yang mencuri data pribadi sampai bisa mencuri pulsa. Berikut adalah malware Android iPhone yang harus diwaspadai karena bisa mencuri pulsa.

Pertama adalah malware Autolycos yang ditemukan oleh Maxime Ingrao, peneliti keamanan dari Evina. Ia menemukan malware ini bersemayam di delapan aplikasi Android yang di Play Store.

Meski kini aplikasinya sudah dihapus oleh Google, sebelumnya aplikasi-aplikasi tersebut sudah diunduh lebih dari tiga juta kali. Jadi korban malware tersebut sebenarnya sudah sangat banyak.

Dua aplikasi, Vlog Star Video Editor dan Creative 3D Launcher, bahkan sudah diunduh lebih dari satu juta kali. Berikut ini daftar lengkap delapan aplikasi berbahaya terbaru yang membawa malware Autolycos, seperti dikutip dari Bleeping Computer, Kamis (14/7/2022).

* Vlog Star Video Editor - 1.000.000 download

* Creative 3D Launcher - 1.000.000 download

* Funny Camera - 500.000 download

* Wow Beauty Camera - 100.000 download

* Gif Emoji Keyboard - 100.000 download

* Razer Keyboard & Theme - 50.000 download

* Freeglow Camera 1.0.0 - 5.000 download

* Coco Camera v1.1 - 1.000 download

Autolycos sendiri merupakan malware yang bisa melakukan tindakan berbahaya secara diam-diam, seperti mengakses URL di browser remote dan memasukkan hasilnya dalam permintaan HTTP alih-alih menggunakan Webview.

Dalam banyak kasus, aplikasi yang disusupi malware ini bisa meminta izin untuk mengakses konten SMS pengguna. Ujung-ujungnya, malware ini akan mendaftarkan pengguna ke layanan berlangganan premium dan menyedot pulsa pengguna atau membuat tagihan jadi membengkak.

Apple boleh saja membanggakan keamanan ekosistem iOS. Namun ternyata ada 133 aplikasi penipu di App Store, dengan total download 500 juta dan total pemasukan USD 365 juta. Termasuk di antaranya aplikasi pencuri pulsa.

Pada Maret 2021, Avast melaporkan 133 aplikasi penipu di App Store, dan setahun kemudian VPNCheck menemukan lebih dari 60% aplikasi tersebut masih aktif di App Store.

Laporan terbaru VPNCheck menemukan ada 84 aplikasi iOS penipu yang tidak hanya bertahan di App Store tapi juga berhasil menggondol lebih dari USD 100 juta dari korbannya.

 

VPNCheck menggunakan daftar yang dibagikan oleh Avast untuk diperiksa ulang satu per satu menggunakan data Sensor Tower. Mereka menemukan bahwa pada periode Juni 2022 saja puluhan aplikasi penipu itu sudah diunduh 7,2 juta kali.

Sebagian besar aplikasi iOS penipu yang ada di daftar VPNCheck merupakan aplikasi hiburan, editor foto atau video, game, scanner, utilities seperti senter dan VPN, dan masih banyak lagi.

Beberapa aplikasi penyedot pulsa teratas untuk iPhone

* ToonApp Cartoon Photo Editor

* Beat maker pro - DJ Drum Pad

* ScanGuru: PDF Document Scanner

* Photo Collage - Collageable

* Facelab - Face Editor & Beauty

* Mood Balance: Self Care Tracker

* Lift: Story Maker

* edjing Mix - dj app

* Nebula: Horoscope & Astrology

* Astroline: The Daily Horoscope


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews