Niat Usir Lebah, Satu Unit Rumah di Lobam Hangus Terbakar

Niat Usir Lebah, Satu Unit Rumah di Lobam Hangus Terbakar

Petugas melakukan pemadaman bekas bara api satu unit rumah di Lobam (Foto: ist)

Bintan, Batamnews - Satu unit rumah di Jalan Kampung Harapan, Gang Aandan, Desa Teluk Sasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), terbakar, Minggu (31/7/2022). Kebakaran ini dipicu dari bara api sisa pembakaran untuk mengusir lebah.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Sebab rumah milik warga Tanjunguban yang terbakar itu sudah tidak ditempati lagi sejak lama alias rumah kosong.

Plt Kepala UPT Damkar Tanjunguban, Panyodi membenarkan adanya rumah tak berpenghuni terbakar. Kobaran api menghanguskan seluruh bagian rumah yang terbuat dari kayu.

"Rumah itu semi permanen. Jadi yang terbuat dari kayu ludes terbakar," ujar Panyodi, kemarin.

Kebakaran rumah kosong tersebut dilaporkan ke pihaknya pada Minggu (31/7/2022). Di saat itu juga pihaknya mengerahkan mobil damkar dan beberapa personil ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman.

"Tiba di sana kobaran api sudah membesar. Jadi kita langsung melakukan pemadaman. Namun sebagian bangunan sudah hangus," jelasnya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Bintan Utara, AKP Purbowo mengatakan, dari hasil penyelidikannya kebakaran yang menghanguskan rumah kosong tersebut disebabkan dari aktivitas bersih-bersih.

"Diduga setelah adanya orang yang diminta bersih-bersih rumah. Orang yang membersihkan rumah ingin mengusir lebah dengan cara diasapi. Dari situ memicu kebakaran di rumah kosong tersebut," ucapnya.

(ary)