Lawatan ke Benan, Ketua PKK Lingga Ingin UMKM Lebih Produktif

Lawatan ke Benan, Ketua PKK Lingga Ingin UMKM Lebih Produktif

Ketua TP-PKK Kabupaten Lingga, Maratusholiha Nizar bersama Ketua TP-PKK Kecamatan/Desa se-Katang Bidare, serta Camat Katang Bidare Ardiyansyah (Foto: ist)

Lingga, Batamnews - Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Lingga, Maratusholiha Nizar mengunjungi Desa Benan, Kecamatan Katang Bidare, Jumat (29/7/2022).

Dalam kunjungan tersebut, ada beberapa agenda yang dilakukan istri dari Bupati Lingga, Muhammad Nizar itu. Diantaranya yakni, menghadiri Rapat Koordinasi dengan PKK kecamatan/desa se-Kecamatan Katang Bidare terkait UMKM serta pelaku usaha melalui Pokja II Kecamatan Katang Bidare.

Camat Katang, Ardiyansyah mengatakan, dalam kegiatan tersebut, Ketua TP PKK Lingga berharap para ibu-ibu atau pelaku UMKM yang ada di Benan khususnya dan Katang Bidare umumnya dapat meningkatkan produksi produk lokal.

Ardian menyebut, salah satu alasannya karena Benan merupakah lokasi wisata unggulan yang ada di Negeri Bunda Tanah Melayu. Sejak beberapa waktu terakhir, sejumlah wisatawan lokal maupun mancanegara sudah mulai kembali mengunjungi Benan, hal ini tentunya akan sangat berdampak bagi warga setempat.

"Kondisi ini diharapkan ibu Ketua TP PKK Kabupaten Lingga dapat dimankan oleh ibu-ibu dan pelaku UMKM di Katang Bidare. Karena produk lokal tentunya akan menjadi incaran para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh bagi mereka saat meninggalkan Benan," kata dia kepada Batamnews, Sabtu (30/7/2022).

Selain rakor bersama PKK kecamatan/desa se-Kecamatan Katang Bidare, Ketua TP PKK Lingga beserta rombongan juga turut menghadiri Malam Syukuran Peringatan Tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah di Masjid An-Nur, Desa Benan.

Dalam lawatan ke Pulau Benan itu, Maratusholiha juga menyempatkan diri meninjau kebun hidroponik milik salah seorang warga Benan.

"Saya selaku Camat Katang Bidare, juga mengajak seluruh masyarakat Katang Bidare umumnya dan Benan khususnya untuk dapat menjaga kebersihan. Karena kita tahu sendiri, sekarang wisatawan sudah kembali berdatangan ke Benan, jadi kebersihan harus tetap kita jaga," ujar Ardiyan.

Selain itu, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Kabupaten Lingga ini berharap, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri, dapat segera memperbaiki ponton yang berada di dermaga Benan.

"Sampai sekarang belum ada progres. Harapan kami ponton ini dapat segera diperbaiki, karena Benan ini salah satu tujuan wisata bahari. Malu kita kalau kondisi ponton di dermaganya rusak. Harapan kami Pemprov Kepri segera memperbaikinya," pungkas Ardiyan.

(ruz)