Kunjungan Wisman ke Karimun Melonjak, Terbanyak dari Malaysia

Kunjungan Wisman ke Karimun Melonjak, Terbanyak dari Malaysia

Wisatawan lokal memadati kawasan Coastal Area, salah satu ikon wisata Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun, Batamnews - Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Karimun, Kepulauan Riau meningkat seiring dengan melonggarnya aturan perjalanan pada pandemi Covid-19.

Dinas Pariwisata Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) menyebut kunjungan wisman sudah mencapai ribuan orang.

Data yang diungkap itu diketahui berdasarkan dari data Imigrasi yang selalu mencatat kedatangan orang dari luar Negeri.

"Berdasarkan data Imigrasi, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kabupaten Karimun hingga bulan Juni 2022 tercatat sebanyak 1.981 orang," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Karimun, Ahadian Zulseptriadi, Jumat (29/7/2022).

Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan Mancanegara itu diketahui setelah resmi dibukanya jalur pelayaran internasional dari serta ke Singapura dan Malaysia pada 19 Mei 2022 lalu.

"Bulan Mei 2022 lalu tercatat hanya 497 wisman, artinya jumlah wisman yang ke Karimun bulan ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan," ucap pria yang akrab disapa Adi itu.

Adapun rincian wisman yang berkunjung ke Karimun masih didominasi dari Malaysia dan Singapura, masih wilayah yang berbatasan langsung dan jarak tempuh yang dekat.

Dari catatan Dispar Karimun, ada sebanyak 1.555 wisman dari Malaysia, 401 wisman dari Singapura, 5 dari Tiongkok, 3 dari Australia, 3 dari Korea Selatan, 3 dari Belanda, 3 dari Myanmar, 3 dari Filipina, 2 dari Inggris, 1 dari Amerika Serikat, 1 dari Italia, 1 dari India, 1 dari Thailand dan 1 dari Spanyol.

"Kita meyakini, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kabupaten Karimun akan terus mengalami peningkatan hingga akhir tahun ini," ucap Adi.

Hal tersebut sejalan dengan jumlah trip rute pelayaran Karimun – Malaysia dan Karimun - Singapura yang terus bertambah per harinya.

"Hal ini tentu akan memicu jumlah wisatawan yang akan ikut bertambah," ujar Adi.

Dinas Pariwisata Karimun juga terus berbenah untuk meningkatkan fasilitas yang ada di tempat wisata. Sehingga, dapat memberikan rasa nyaman, aman bagi wisatawan saat berkunjung.
 

(aha)