Brasil Laporkan Kasus Kematian Pertama Akibat Cacar Monyet

Brasil Laporkan Kasus Kematian Pertama Akibat Cacar Monyet

Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia)

Rio de Janeiro - Satu kasus kematian akibat infeksi cacar monyet terjadi di Brasil. Kasus ini merupakan kematian pertama di luar benua Afrika.

Kematian ini menimpa seorang pria Brasil berusia 41 tahun  di Belo Horizonte, ibu kota negara bagian Minas Gerais, Kamis lalu.

Pria itu "dirawat di rumah sakit karena kondisinya yang serius," kata kementerian kesehatan negara bagian itu dalam sebuah pernyataan.

"Penting untuk dinyatakan bahwa dia memiliki penyakit penyerta yang serius, agar tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat. Angka kematian akibat cacar monyet sangat rendah untuk cacar monyet," kata Sekretaris Kesehatan Minas Gerais Fabio Baccheretti dikutip Harian Metro dari AFP, Sabtu (30/7/2022).

Dia juga mengatakan bahwa pria itu sedang menjalani perawatan kanker pada saat kejadian.

Kementerian Kesehatan Brasil mencatat hampir 1.000 kasus cacar monyet, dengan sebagian besar di Sao Paulo dan Rio de Janeiro, negara bagian paling selatan negara itu.

Kasus pertama terdeteksi pada 10 Juni yang melibatkan seorang pria yang melakukan perjalanan ke Eropa.

Tanda-tanda awal penyakit ini termasuk demam dengan suhu tinggi, pembengkakan kelenjar getah bening dan ruam seperti cacar air.

WHO pada pekan lalu menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global.

Menurut WHO, lebih dari 18.000 kasus telah terdeteksi di negara-negara di luar Afrika sejak awal Mei.

"Telah terdeteksi di 78 negara dengan 70 persen kasus di Eropa dan 25 persen di Amerika," kata kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

(dod)