Tongkang Muatan Batu Bara Tabrak Kapal Ikan Milik Toke Kijang

Tongkang Muatan Batu Bara Tabrak Kapal Ikan Milik Toke Kijang

Kapal ikan milik seorang toke di Kijang rusak parah ditabrak tongkang (Foto: ist)

Bintan, Batamnews - Kapal ikan milik seorang pengusaha atau toke di Kijang, Kabupaten Bintan, dikabarkan rusak parah akibat dihantam tongkang muatan batu bara yang ditarik oleh Tugboat (TB) berbendera Malaysia di Perairan Berakit, Kecamatan Teluk Sebong, Kamis (28/7/2022).

Informasi di lapangan, kapal ikan milik toke Kijang itu adalah KM Murni Jaya II. Kapal kayu berbendera Indonesia itu sedang labuh jangkar di sebelah Utara Perairan Berakit.

Sementara Kapal TB Excellent 8 berbendera Malaysia menarik tongkang muatan batu bara dari Batu Pahat tujuan Serawak Malaysia. Ketika kapal itu melintasi lokasi kejadian, diduga tidak melihat keberadaan KM Murni Jaya II, sehingga kecelakaan laut itu tak dapat dielakkan.

Setelah kejadian itu berlangsung, TB Excellent 8 langsung berhenti dan memberikan pertolongan. Di lokasi kejadian juga ada KM Star 188. Kapal tersebut langsung mengevakuasi KM. Murni Jaya II menuju dermaga Berakit.

Pengakuan ABK KM Murni Jaya II bahwa pemilik TB Excellent 8 telah menunjukkan itikad baiknya. Mereka akan bertanggungjawab atas kejadian ini. Baik terkait kerusakan kapal maupun lainnya.

"Pemilik kapal ngakunya mau ganti rugi kerusakan kapal kita," kata awak kapal ikan tersebut.

Sementara itu Kasatpolair Bintan, AKP Syamsurizal membenarkan adanya insiden kecelakaan laut antara kapal ikan milik toke Kijang dengan tongkang berbendera Malaysia.

"Iya bener, coba konfirmasi dengan Syahbandar mas," ucapnya.

(ary)