Piala AFF Wanita U-18: Indonesia Gagal Kalahkan Vietnam

Piala AFF Wanita U-18: Indonesia Gagal Kalahkan Vietnam

Timnas Indonesia U-18 wanita.

Jakarta - Timnas Indonesia Putri U-18 menelan kekalahan tipis 1-2 dari Vietnam dalam laga lanjutan Grup A Piala AFF Wanita U-18 2022 di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, Selasa (26/7/2022).

Di babak pertama Indonesia dan Vietnam bermain imbang 1-1. Garuda Pertiwi unggul lebih dahulu lewat gol Marsela Awi pada menit ke-37, sedangkan Vietnam membalas lewat Ngoc Ming Chuyen pada menit ke-45+2.

Di babak kedua gawang Indonesia nyaris bobol lewat tendangan dari sepak pojok pada menit ke-49. Beruntung Fani sigap dan menggagalkan peluang lawan.

Marsela Awi membuang peluang emas Indonesia untuk kembali unggul pada menit ke-54. Peluang itu bermula dari tendangan bebas Heisya Maeisyaroh dari sisi kanan.

Bola yang diumpan Heisya mengarah ke depan gawang Vietnam, namun Marsela Awi gagal menjangkau bola itu, sehingga skor tetap imbang 1-1.

Bola-bola set piece jadi ancaman Indonesia dari Vietnam pada babak kedua. Vietnam mendapatkan beberapa peluang dari sepak pojok.

Salah satunya tendangan Ngoc Minh Chuyen pada menit ke-60 yang masih menyamping di sisi kiri gawang Fani usai momen sepak pojok.

Vietnam berbalik unggul pada menit ke-72 lewat tendangan Nguyen Nhu Quynh yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Fani hasil sepak pojok.

Sekitar dua hingga tiga pemain Indonesia mencoba membuang bola yang jatuh di dekat garis gawang. Akan tetapi sapu bersih itu tidak sempurna dan jatuh di depan Nhu Quynh yang berdiri bebas.

Tanpa kesulitan Nhu Quynh memasukkan bola ke gawang Fani dengan tendangan kaki kanan.

Timnas Indonesia Putri tidak tinggal diam usai kebobolan untuk kali kedua. Upaya keras dilakukan oleh Garuda Pertiwi untuk bisa menyamakan kedudukan.

Sheva Imut dan kawan-kawan tampil agresif dan merepotkan Vietnam di sisa waktu pertandingan. Namun hingga babak kedua usai tidak ada gol tambahan yang tercipta dan Indonesia harus mengakui kemenangan Vietnam 2-1.

Susunan Pemain Indonesia vs Vietnam

Indonesia: Fani; Azra Zifa, Zara Apriyanti, Nastasia Suci, Mayzura Alifa, Sheva Imut, Helsya Maeisyaroh, Ina Paulanda, Marsela Yuliana, Liza Armanita, Aulia Al Mabruroh.

Vietnam: Nguyen Phuong Thao; Ho Thi Thao, Ly linh Trang, Le Thu Bao, Nguyen Thi Quynh, Tran Nhat Lan, Dang thi Duyen, Ngoc Minh Chuyen, Luu Hoang Van, Bu Thi Phuong.

(ruz)