Populasi China Diprediksi Mulai Menyusut Sebelum 2025

Populasi China Diprediksi Mulai Menyusut Sebelum 2025

Ilustrasi warga China (REUTERS/Tingshu Wang)

Beijing - Pertumbuhan populasi China telah melambat secara signifikan dan diperkirakan akan mulai menyusut menjelang tahun 2025 mendatang. China diketahui merupakan negara dengan jumlah populasi terpadat di dunia.

Seperti dilansir Reuters, Senin (25/7/2022), hal tersebut dilaporkan oleh media pemerintah Global Times yang mengutip seorang pejabat senior China.

Data kelahiran yang dirilis pada Minggu (24/7/2022) waktu setempat menunjukkan jumlah kelahiran baru tahun 2021 merupakan angka terendah dalam beberapa dekade di sejumlah provinsi.

Angka kelahiran di Provinsi Hunan, menurut Global Times, menurun di bawah 500.000 kelahiran untuk pertama kalinya dalam hampir 60 tahun terakhir.

Otoritas China diketahui tengah berusaha membalikkan penyusutan cepat dalam pertumbuhan populasi alami, dengan banyak anak muda memilih untuk tidak memiliki anak akibat berbagai faktor, termasuk biaya hidup yang tinggi dan tekanan pekerjaan.

Laporan terbaru Global Times yang mengutip kepala urusan kependudukan dan keluarga pada Komisi Kesehatan Nasional China, Yang Wenzhuang, menyebutkan bahwa populasi China diperkirakan mulai menyusut tahun 2021-2025.

Perubahan dalam undang-undang yang berlaku di China sejak tahun lalu yang mengizinkan wanita untuk memiliki tiga anak dinilai tidak banyak membantu. Banyak wanita di China yang menyebut perubahan itu sudah terlambat, dan mereka tidak memiliki jaminan pekerjaan dan kesetaraan gender yang layak.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews