Jejak Kaki Dinosaurus Berusia 100 Juta Tahun Ditemukan di China

Dinosaurus Sauropoda. (Foto: Wikipedia)

Beijing - Beberapa jejak kaki dinosaurus, diyakini berusia 100 juta tahun, ditemukan di luar halaman sebuah restoran di barat daya China.

Menurut CNN, fosil itu ditemukan oleh seorang warga saat sedang makan di sebuah restoran di Leshan, provinsi Sichuan.

Menurut ahli paleontologi Associate Professor Lida Xing, beberapa lubang batu yang ditemukan di restoran berisi jejak kaki dua spesies Sauropoda.

Dia mengatakan spesies dinosaurus diyakini telah hidup selama awal Kapur.

Para ahli dari University of Geoscience of China menginformasikan tim penelitinya mengkonfirmasi temuan tersebut menggunakan pemindai 3D.

Dinosaurus Sauropoda adalah reptil berkaki empat dalam kategori herbivora yang memakan tumbuhan.

Sauropoda, yang memiliki leher dan ekor panjang, dikenal sebagai hewan terbesar yang hidup di bumi.

Sementara itu, kata Xing, dua Sauropoda yang meninggalkan jejak mungkin memiliki tubuh besar berukuran panjang sekitar delapan meter.

“Sangat jarang ditemukan fosil di sekitar kota karena semuanya tertutup oleh bangunan.

"Kami juga bertujuan untuk mengunjungi beberapa lokasi penemuan potensial dalam waktu 48 jam setelah menerima laporan karena kami khawatir mereka mungkin terpengaruh oleh pekerjaan konstruksi," katanya.

Sebelumnya, lokasi restoran tersebut adalah peternakan ayam dan ditemukan jejak kaki dinosaurus yang terkubur di dalam tanah dan pasir.