Catat, 5 Tips Jalani Hidup Hemat Bagi Milenial

Catat, 5 Tips Jalani Hidup Hemat Bagi Milenial

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Jakarta - Apa kalian sudah pernah mendengar istilah frugal living? Yups, istilah ini memang sudah tidak asing lagi di kalangan milenial. Frugal living disebut juga sebagai gaya hidup hemat.

Orang yang menerapkan gaya hidup hemat biasanya tidak makan banyak atau menghabiskan banyak uang untuk diri mereka sendiri. 

Anak muda yang menerapkan gaya hidup ini biasanya sebisa mungkin menahan keinginannya dan lebih memprioritaskan kebutuhan.

Biasanya, seseorang yang menerapkan gaya hidup ini lebih memikirkan tujuan utama mereka. Mereka akan berpikir bagaimana mengubah keuangannya agar bisa membantunya mencapai tujuannya.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba menerapkan gaya hidup hemat, yuk simak tips berikut ini: 

Atur Pengeluaran

Sebelum memulai perjalanan hidup hemat, kamu juga perlu tahu ke mana saja perginya uangmu. Dengan begitu, kamu bisa memutuskan akan ke mana uang tersebut harus disalurkan.

Kamu bisa memulai dengan memilih metode penganggaran, seperti melalui aplikasi, bullet jurnal, atau spreadsheet. Setelah itu mulai dengan melacak berapa banyak yang kamu belanjakan dan membagi transaksi tersebut ke dalam beberapa kategori.

Sewa Saja, Jangan Memiliki Sendiri

Terkadang, kamu hanya memerlukan suatu barang hanya sebentar untuk membuat kesan yang baik. Oleh karena itu, lebih baik pertimbangkan untuk menyewa daripada membeli.

Ada banyak toko yang memang untuk menyewakan barang-barang, seperti pakaian, perlengkapan bayi, perhiasan, hingga tas tangan.

Beli di Waktu yang Tepat

Jika kamu ingin memiliki sesuatu, cari tahu kapan waktu terbaik untuk membeli. Misalnya, saat diskon besar-besaran sedang diadakan. 

Kamu bisa melakukan research mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk perubahan harga seperti saat akan natal dan idul fitri, dan lain-lain.

Buat Karya Sendiri atau DIY

Kamu bisa membuat karya atau barang sendiri. Misalnya, kamu membutuhkan kotak untuk penyimpanan barang. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan barang-barang yang ada di rumah seperti kardus bekas, lem, dan juga kertas berwarna.

Evaluasi Langganan Streaming Bulanan

Kamu tahu enggak, kalau ternyata, langganan konten streaming ataupun berita bisa menjadi sumber keborosanmu. Meskipun harganya enggak seberapa, tapi karena dibayar terus-menerus, uang ini terus keluar. Terutama untuk langganan konten yang udah enggak kamu tonton dan baca lagi.

Coba hentikan langganan yang enggak perlu. Langkah ini akan menghemat uangmu.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews