Aturan Wajib Booster di Pelabuhan Punggur, Begini Kata Kasatker 

Aturan Wajib Booster di Pelabuhan Punggur, Begini Kata Kasatker 

Pelabuhan Punggur. (Foto: dok. Batamnews)

Batam, Batamnews- Pelaku perjalanan laut di Pelabuhan Punggur siap-siap memperlihatkan status vaksinasi booster Covid-19. Sebab, sejumlah aturan akan berlaku jika calon penumpang belum memiliki sertifikat booster.

Kementerian Perhubungan menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi baik di dalam negeri maupun luar negeri di Masa Pandemi Covid-19, yang mulai berlaku pada 17 Juli 2022.

“SE Kemenhub ini merujuk pada SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 21 dan 22 Tahun 2022 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri dan luar negeri pada masa pandemi Covid-19,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, Minggu (10/7/2022).

Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang belum melakukan vaksinasi booster atau dosis ketiga kini wajib menunjukkan hasil tes rapid antigen atau PCR sebagai syarat melakukan perjalanan.

Calon penumpang yang masih vaksinasi dosis I bahkan diwajibkan untuk melampirkan tes PCR. Hal itu termaktub dalam SE No. 68 (transportasi laut) edaran tersebut.

Kasatker Terminal Ferry Punggur, Suherman mengakui pihaknya akan menyesuaikan dengan aturan tersebut nantinya. Namun sejauh ini, lanjut Suherman, petugas telah menerapkan sejumlah aturan yang hampir sama di SE tersebut. 

"Ada beberapa poin aturan di SE itu. Seperti menerapkan protokol kesehatan. Itu sudah kita berlakukan sejak jauh-jauh hari," ujar dia, Senin (11/7/2022).

Sementara untuk syarat wajib booster, pihaknya akan menyesuaikannya saja. Pasalnya sejauh ini di Terminal Ferry Punggur menerapkan aturan lama yakni wajib sertakan sertifikat vaksin dosis kedua.

"Nanti kita tinggal menyesuaikan saja. Di pintu check point itu setiap penumpang akan kita cek. Sejauh ini tidak ada kesulitan akan hal itu," katanya. 

Arus penumpang meningkat

Arus penumpang di Terminal Ferry Domestik Telaga Punggur, Kota Batam, Kepulauan Riau, meningkat di momen Iduladha.

Suherman memaparkan lebih dari 5.000 pengguna jasa transportasi laut di pelabuhan tersebut. Bahkan yang tertinggi mencapai hampir 7.000 pada H-2 Iduladha.

"Memang di momen hari-hari besar pasti ada peningkatan penumpang. Kami juga telah melakukan antisipasi lonjakan penumpang itu dengan menambah jadwal keberangkatan untuk ke Tanjungpinang, last ferry kemarin sampai jam 18:30 WIB," ujarnya.

Terhitung pada tanggal 8 Juli 2022, jumlah keberangkatan di pelabuhan Punggur 3.968. Sementara untuk ketibaan ada 2.805 orang.

Kemudian, H-1 Iduladha, tepatnya 9 Juli, jumlah keberangkatan meningkat diangka 4.115. Sementara untuk ketibaan menurun jadi 2.773 penumpang.

Pada hari H hari raya kurban pun jumlah penumpang mengalami lonjakan tak seperti biasanya. Dimana keberangkatan sebanyak 3.190 orang dan ketibaan 2.882 penumpang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews