Tips Atasi Kolesterol Tinggi saat Hari Raya Idul Adha

Tips Atasi Kolesterol Tinggi saat Hari Raya Idul Adha

Ilustrasi. (Foto: lifepack.id)

Surabaya - Saat Hari Raya Kurban atau Idul Adha, biasanya stok daging di rumah melimpah dan kerap diolah menjadi beragam jenis makanan.

Seperti sate, bakso, gulai daging, lapis daging, tongseng, dendeng balado, hingga rendang.

Namun perlu diingat, terlalu banyak mengkonsumsi daging juga tidak baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya yakni berpotensi meningkatkan kolesterol darah.

Untuk itu, ahli gizi Universitas Airlangga (Unair) Lailatul Muniroh SKM MKes membagikan tips mengatasi kadar kolesterol tinggi saat Hari Raya Kurban.

Menurutnya, langkah preventif yang dapat dilakukan adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang tinggi serat. Karena serat dapat melarutkan kolesterol jahat.

"Seperti strawberry, pisang, pir, apel, jeruk, wortel, dan brokoli. Setelah Idul Adha juga kalau bisa tetap memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat," ucapnya, dilansir Berita Anak Surabaya, Sabtu (9/7/2022).

Selanjutnya yakni mengkonsumsi lebih banyak sayur dari jenis kacang-kacangan seperti kacang polong dan buncis yang banyak mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

“Selain itu mengkonsumsi kacang-kacangan yang rendah lemak seperti almond, walnut yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat,” tuturnya.

Langkah selanjutnya yakni menghindari makanan lemak tinggi. Pilihlah makanan yang rendah lemak seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, tahu tempe, dan sebagainya.

“Kurangi juga mengolah makanan dengan menggoreng menggunakan minyak goreng,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan agar kita sebaiknya mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan membatasi makanan cepat saji. “Pilihlah minyak sehat seperti minyak zaitun untuk menggantikan mentega dan minyak goreng,” tambahnya.

Langkah terakhir adalah sarapan dengan oatmeal. Ia mengungkapkan, jika oatmeal kaya akan nutrisi sekaligus sumber serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

"Oatmeal juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, rutin berolahraga juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat,” pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews