Warga Muhammadiyah di Batam Tunaikan Salat Ied 9 Juli 2022, Ini Lokasinya

Warga Muhammadiyah di Batam Tunaikan Salat Ied 9 Juli 2022, Ini Lokasinya

Logo Muhammadiyah. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Warga Muhammadiyah di Batam, Kepulauan Riau dijadwalkan menunaikan salat Idul Adha pada Sabtu (9/7/2022) esok.

Dari informasi yang diperoleh Batamnews, salat Ied akan digelar di lapangan parkir Sporthall Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning mulai pukul 07.00 WIB.

Bertindak sebagai imam dan khatib adalah Dr. H. Amirsyah Tambunan, yang juga Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Seperti diketahui, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 10 Zulhijah 1443 Hijriah atau Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Sabtu, 9 Juli 2022.

Keputusan itu tertuang dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 Tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah. Maklumat itu ditandatangani Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto pada 3 Februari 2022 lalu.

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengatakan, salat Idul Adha dapat dilaksanakan di masjid bila kondisi hujan atau cuaca tidak mendukung.

Ia juga mengingatkan bahwa Salat Idul Adha tetap dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Sebab, Indonesia saat ini masih berada di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Baginya, Salat Idul Adha merupakan bagian ibadah yang dilaksanakan sesuai dengan keyakinan dan dijamin oleh UUD 1945.

"Dan menghormati umat Islam yang masih melaksanakan Puasa Arafah dan melaksanakan Shalat Iduladha pada hari Ahad 10 Juli 2022," kata dia.

Di sisi lain, Abdul juga mengimbau kepada aparat pemerintah menjamin warga Muhammadiyah atau elemen masyarakat lain yang melaksanakan Salat Idul Adha terlebih dulu ketimbang yang telah ditetapkan pemerintah.

Berbeda dengan Muhammadiyah, pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada 10 Juli.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews