Kundur, 'Surga' Durian di Kepulauan Riau

Kundur,

Bupati Karimun Aunur Rafiq hendak menjajal kelezatan durian Kundur. (Foto: ist)

Batamnews, Karimun, - Pulau Kundur, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya alam, baik itu dari hasil kelautan bahkan juga hasil dari pertanian.

Tanah Pulau Kundur, cukup berbeda dengan tanah di derah lainnya di Kabupaten Karimun. Banyak komoditas pertanian yang tumbuh subur di sana.

Salah satunya adalah buah durian, yang jika setiap musim panen akan sangat berlimpah dengan beberapa jenis durian unggulan.

Tak heran jika durian Tanjungbatu atau pulau Kundur cukup terkenal di beberapa wilayah, seperti Batam, Tanjungpinang, Bintan hingga beberapa derah di Provinsi Riau.

"Kita harus akui, bahwa durian yang ada di Pulau Kundur cukup terkenal dengan enaknya dan tak ada lawan. Banyak jenis durian yang rasanya benar-benar tidak ada lawan," kata Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Kamis (23/6/2022).

Adapun jenis unggulan durian yang tumbuh subur yakni, durian jenis SO, 101, Duri Hitam, Tembaga, Montong dan Musang King.

Ketika musimnya tiba, akan sangat banyak durian yang dijual di pinggir-pinggir jalan. Bahkan juga ada kedai khusus durian yang dibuat oleh pemilik kebun.

Kemudian, durian-durian hasil panen itu juga dikirim ke beberapa daerah lainnya untuk dijual.

"Hasil panen yang berlimpah, sehingga setiap hari akan dikirim ke beberapa daerah lainnya yang pasarannya sangat laku," ujar Rafiq.

Namun, yang lebih menarik lagi adalah banyak masyarakat dari beberapa daerah langsung datang berkunjung.

Sehingga, ketika musim dirian tiba akan menjadikan pulau Kindur tempat wisata durian yang wisatawan dapat langsung makan durian di kebunnya.

"Bagi ingin datang, bisa langsung makan durian di kebunnya, dengan suasana yang asri dan durian yang fres tentunya," ucapnya.

Sementara itu, disebutkan juga bahwa, hasil dari setiap panen durian sangat fantastis. Untuk sekali musim panen, petani durian bisa meraup omzet hingga miliaran rupiah dari hasil penjualan.

Sebab, ada beberapa jenis durian yang harganya cukup cukup mahal, yakni kisaran Rp 250 ribu hingga 350 ribu per kilogramnya.

Seperti durian jenis duri hitam dan musang king. Jika ukuran satu buah cukup besar dengan berat sekitar 4-5 kilogram, harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

(aha)