Polairud Karimun Imbau Pengguna Transportasi Laut Waspadai Cuaca Ekstrem

Polairud Karimun Imbau Pengguna Transportasi Laut Waspadai Cuaca Ekstrem

Polairud Polres Karimun memberikan imbauan sambil membagikan sembako kepada nelayan.

Karimun, Batamnews - Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Karimun, melakukan patroli guna memberikan imbauan keselamatan berlayar bagi pengguna jasa laut, Selasa (21/6/2022).

Seperti yang diketahui, dalam beberapa waktu terakhir, wilayah Karimun dilanda cuaca ekstrem dengan hujan deras yang disertai dengan angin kencang. Sehingga mengakibatkan kuatnya gelombang laut yang dapat membahayakan kapal-kapal yang sedang berlayar.

Imbauan keselamatan berlayar tersebut menyasar pada nelayan-nelayan, kapal penumpang, kapal barang serta pengguna jasa maritim lainnya di Kabupaten Karimun.

Baca juga: Polisi Karimun Musnahkan 135 Unit Knalpot Racing

"Sehubungan dengan cuaca buruk yang melanda wilayah Karimun beberapa hari ini, kita menekankan lagi pada pengguna jasa laut untuk selalu berhati-hati, terutama bagi nelayan," kata Kasat Polairud Polres Karimun, AKP Binsar Samosir.

Hujan deras yang disertai oleh angin kencang itu, kerap sering terjadi pada kondisi malam hari hingga pagi hari. Sehingga, nelayan yang melakukan aktivitas malam di laut, untuk selalu menggunakan alat keselamatan dan melihat prakiraan cuaca.

"Kepada nelayan-nelayan, selalu gunakan alat keselamatan seperti life jacket, dan jika kondisi cuaca tidak bagus, sebaiknya tidak turun ke laut," ucapnya.

Baca juga: Nelayan Karimun Dapat Ganti Rugi Dampak Tongkang Muatan Kontainer Karam

Dalam patroli imbauan keselamatan berlayar tersebut, Satpolairud juga memberikan paket sembako pada nelayan tradisional. Hal itu juga dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-76.

"Kita berikan juga sembako pada nelayan sembari memberikan imbauan keselamatan," ucapnya.

Yang mana, sembako itu dapat digunakan jika nelayan tersebut turun ke laut dikarenakan cuaca yang tidak bersahabat.

"Semoga paket sembako yang kita berikan dapat dimanfaatkan jika nelayan tidak melaut karena cuaca buruk," ujar Binsar.

(aha)