Daftar 24 Negara Lolos Piala Asia 2023, Ada 4 Wakil ASEAN

Daftar 24 Negara Lolos Piala Asia 2023, Ada 4 Wakil ASEAN

Timnas Indonesia lolos putaran final Piala Asia 2023 (Foto: Antara)

Jakarta, Batamnews - Sebanyak 24 tim termasuk Timnas Indonesia telah memastikan lolos ke Piala Asia 2023 pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Timnas Indonesia menjadi tim terakhir yang mengamankan tiket Piala Asia 2023. Tim Merah Putih mengikuti jejak tiga tim sebelumnya yang sudah lolos yakni Bahrain, Malaysia, dan Yordania.

Timnas Indonesia memastikan bakal ambil bagian di Piala Asia 2023 usai menghancurkan Nepal 7-0 di Stadion Jaber Al-Ahmad, Kuwait City, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Witan Sulaeman mencetak dua gol di laga ini. Lima gol sisanya masing-masing dicetak oleh Dimas Drajad, Fachruddin Aryanto, Saddil Ramdani, Elkan Baggott, dan Marselino Ferdinan.

Baca juga: Timnas Indonesia Akhiri Penantian 15 Tahun Mentas di Piala Asia

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia tahun depan melalui jalur runner up terbaik. Skuad asuhan Shin Tae Yong menjadi satu dari lima runner up terbaik di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia menempati posisi kedua dalam klasemen runner up terbaik berkat selisih gol yang bagus usai menang telak atas Nepal. Fachruddin dan kawan-kawan hanya berada di bawah Kirgistan yang mengoleksi tujuh poin dari tiga pertandingan.

Satu-satunya tim yang tersingkir dalam persaingan merebut posisi runner up terbaik ini adalah Filipina. The Azkals hanya mengoleksi empat poin dari tiga pertandingan.

Negara pertama yang memastikan tiket Piala Asia 2023 sendiri adalah Jepang. Tim Samurai Biru itu menggenggam tiket tampil di Piala Asia ke-18 pada 28 Mei 2021.

Daftar 24 Tim Negara Lolos Piala Asia 2023

Jepang
Suriah
Qatar
Korea Selatan
Australia
Iran
Arab Saudi
Uni Emirat Arab
China
Irak
Oman
Vietnam
Lebanon
Palestina
Thailand
Uzbekistan
Hong Kong
India
Kirgistan
Tajikistan
Malaysia
Indonesia
Bahrain
Yordania

(ruz)