Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, Bantai Nepal 7-0

Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, Bantai Nepal 7-0

Pemain Timnas

Batamnews - Timnas Indonesia berhasil mengungguli Nepal 7-0 dalam Kualifikasi Piala Asia 2023. Gol-gol Indonesia lahir dari permainan umpan tarik.

Indonesia vs Nepal tersaji pada matchday ketiga Grup A dan di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. Skuad Garuda langsung mengambil kendali permainan sejak menit awal.

Pada menit keenam, Indonesia mampu memimpin 1-0. Bola umpan silang dari Asnawi Mangkualam berhasil disambut dengan sundulan Dimas Drajad, yang membuat kiper Nepal, Deep Karki, tak berkutik.

Nepal mulai bereaksi cepat terhadap gol tersebut. Ada peluang dari pemain Nepal, namun Nadeo Argawinata masih bisa mengamankan bola dari terjangan lawan.

Indonesia punya peluang bagus di menit ke-20. Sebuah umpan tarik mampu disambar Witan Sulaeman, namun laju bola masih terlalu lemah hingga dengan mudah diamankan kiper.

Setengah jam laga berjalan, Indonesia masih lebih dominan dari Nepal. Peluang dari umpan-umpan tarik pun kembali hadir lewat kaki Saddil Ramdani.

Nepal harus bermain dengan 10 orang di menit ke-32. Suman Aryal diganjar kartu kuning kedua setelah melanggar Asnawi.

Indonesia nyaris menggandakan skor di menit ke-34. Ricky Kambuaya melepaskan tembakan dari depan kotak penalti. Kiper lawan sudah mati langkah, namun bola melebar tipis di sisi gawang.

Peluang Indonesia kembali terbuang di menit ke-40. Bola tembakan Pratama Arhan dari sisi kotak penalti melebar tipis dari target.

Indonesia menambah keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-43. Skema umpan tarik dari Asnawi yang kemudian Dimas melakukan dummy agar bola mampu disambar Witan.

Gol ketiga nyaris didapat Indonesia pada menit ke-45. Witan melakukan umpan tarik kepada Dimas, namun bola yang ditembak arahnya masih melebar tipis di sisi gawang. Skor 2-0 bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Indonesia masih dominan di awal babak kedua. Peluang emas bahkan hadir di menit ke-51 saat bola tembakan Muhammad Rafli dari posisi yang sangat bebas masih tepat mengarah ke kiper.

Indonesia memimpin 3-0 di menit ke-53. Fachruddin Aryanto melesakkan gol setelah menyambar bola sepak pojok, yang gagal diblok dengan mulus oleh pemain Nepal.

Hanya butuh satu menit Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 4-0. Umpan Rafli ke kotak penalti langsung disontek oleh Saddil Ramdani.

Rafli kembali buang peluang emas di menit ke-58. Kemelut di depan gawang masih tak bisa dituntaskan menjadi gol dan semenit berselang bola tembakan Witan yang membentur tiang.

Elkan Baggott menambah gol untuk membawa Indonesia memimpin 5-0 di menit ke-79. Dia sukses melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Semenit berselang, Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 6-0. Pemain Nepal melakukan kesalahan hingga bola bisa direbut Ricky Kambuaya, yang kemudian mengoper ke Witan untuk menari-nari di kotak penalti sebelum melesakkan gol.

Marselino Ferdinan menutup laga ini untuk membawa Indonesia menang 7-0. Golnya tercipta setelah menyambar umpan tarik dari Rafli di penghujung laga.

Tak ada gol tambahan sampai laga tuntas. Indonesia menang dan lolos ke Piala Asia 2023.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia: Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Pratama Arhan; Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Dimas Drajad.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews