5 Makanan Penghancur Lemak yang Cocok untuk Sarapan

5 Makanan Penghancur Lemak yang Cocok untuk Sarapan

ilustrasi

Jakarta - Setiap orang pasti menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan membakar lemak berlebih yang ada di dalam tubuh.

Biasanya, untuk membakar lemak kebanyakan orang akan melakukan olahraga. Tapi, tanpa disadari ternyata makanan yang dikonsumsi juga berpengaruh pada proses pembakaran lemak.

Baca juga: 7 Ciri-ciri Berat Badan Mulai Turun, Diet Berjalan dengan Baik

Agar pembakaran lemak lebih maksimal, pilihlah makanan yang bisa membantu mematikan gen lemak hingga mengubah lemak menjadi energi. Dikutip dari laman Eat This, ini 5 makanan penghancur lemak yang sangat cocok dipilih untuk sarapan pagi.

1. Oatmeal

Ternyata saat diet masih boleh mengkonsumsi karbohidrat, salah satunya oatmeal. Menurut sebuah studi dari Universitas Tufts, orang yang mengkonsumsi tiga porsi oatmeal memiliki lemak perut 10 persen lebih sedikit. Ini dibandingkan dengan orang yang masih mengkonsumsi karbohidrat putih olahan, seperti nasi, roti, atau pasta.

Teorinya, oatmeal memiliki serat yang tinggi dan sifat pembakarannya lebih lambat. Jadi, bisa membuat kamu kenyang lebih lama.

2. Ubi Jalar

Sama seperti oatmeal, ubi jalar juga termasuk salah satu karbohidrat yang lebih lambat dicerna tubuh. Sehingga mereka yang mengkonsumsinya bisa merasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Mengubah Pola Diet Bisa Menambah Umur 13 Tahun Lebih Panjang

Ubi jalar mengandung karotenoid dan antioksidan. Ini berfungsi untuk menstabilkan kadar gula darah dan menurunkan resistensi insulin, yang membantu tubuh secara efisien mengubah kalori menjadi energi.

3. Telur

Makanan penghancur lemak selanjutnya adalah telur. Telur merupakan salah satu sumber kolin terbaik, nutrisi pembakar lemak utama yang membantu mematikan gen penyimpanan lemak di perut.

Selain itu, telur juga sumber protein tanpa lemak yang dapat mengatur kecepatan pembakaran lemak sepanjang hari saat dikonsumsi untuk sarapan. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di jurnal Nutrilon Research, orang yang mengkonsumsi telur memiliki respons yang lebih rendah terhadap ghrelin, tidak cepat lapar pada tiga jam kemudian, dan mengkonsumsi lebih sedikit kalori selama 24 jam berikutnya.

 

4. Selai Kacang

Selai kacang, yang biasa dikonsumsi dengan roti, memiliki lemak tak jenuh tunggal penurun kolesterol dan sumber protein nabati yang bagus.

Berdasarkan studi baru-baru ini yang dipresentasikan pada konferensi tahunan Society for Endocrinology, menemukan bahwa saat protein dicerna dan dipecah menjadi asam amino dalam tubuh, salah satu asam amino itu fenilalanin, memicu hormon yang membantu mengurangi nafsu makan. Akhirnya menyebabkan lemak terbakar dan penurunan berat badan.

5. Buah Plum

Jika lebih suka sarapan dengan buah, kamu wajib mencoba buah plum. Buah ni sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Buah plum mengandung senyawa fenolik yang terbukti 'mematikan' gen lemak. Selain itu, kandungan pektin yang merupakan sejenis serat bisa membatasi jumlah lemak yang diserap sel tubuh.

(fox)
Komentar Via Facebook :