Kampus Ini Beri Insentif Rp 640 Ribu bagi Mahasiswa yang Berhenti Merokok

Kampus Ini Beri Insentif Rp 640 Ribu bagi Mahasiswa yang Berhenti Merokok

Foto: Thinkstock

Jakarta - Sebagian perokok mungkin perlu dorongan yang lebih agar bisa menghentikan kebiasaannya. Terkait itu, satu kampus di Inggris memiliki program insentif uang untuk mahasiswanya yang bisa berhenti merokok.

Barnsley College di South Yorkshire memiliki program gift card senilai 35 poundsterling atau sekitar Rp 640.000 bagi mahasiswa yang minimal telah tiga bulan berhenti merokok. Program merupakan kerja sama antara kampus dengan pemerintah kota.

"Saya harap ini akan membantu kaum muda untuk bebas rokok sejak usia dini," kata juru bicara otoritas setempat, Caroline Makinson, seperti dikutip dari BBC pada Kamis (9/6/2002).

"Studi menunjukkan insentif keuangan seperti ini adalah cara efektif untuk membantu orang berhenti merokok dan tetap berhenti, bahkan setelah program insentif berakhir," lanjutnya.

Dalam memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sempat menuntut tanggung jawab dari industri rokok karena dianggap telah merusak kesehatan dan lingkungan. Tidak tanggung-tanggung, industri tembakau dideskripsikan oleh WHO sebagai racun dunia.

"Produk tembakau adalah yang paling banyak menjadi sampah di planet ini. Kandungan 7.000 bahan kimia berbahayanya meresap ke dalam tanah lingkungan saat dibuang sembarangan," kata Direktur Promosi Kesehatan WHO, Dr Ruediger Krech, seperti dikutip dari laman resmi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

(fox)
Komentar Via Facebook :