7 Ciri-ciri Berat Badan Mulai Turun, Diet Berjalan dengan Baik

7 Ciri-ciri Berat Badan Mulai Turun, Diet Berjalan dengan Baik

Ilustrasi. Beberapa ciri-ciri berat badan mulai turun berikut menjadi penanda bahwa program diet berjalan dengan baik. (iStockphoto/spukkato)

Jakarta, Batamnews- Ada beberapa ciri berat badan mulai turun yang bisa Anda jadikan patokan saat tengah menjalani program diet. Beberapa ciri tersebut menandakan bahwa program menurunkan berat badan telah bekerja dengan baik.

Waktu yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan akan bervariasi pada setiap orang. Berbagai faktor turut memengaruhi, salah satunya adalah pola makan yang kurang konsisten.

Baca juga: Ada Gejala Omicron? Wajib Isolasi 5 Hari Meski Tes Negatif, Ini Alasannya

Mengutip Very Well Fit, pada minggu pertama diet, umumnya seseorang tidak akan melihat perubahan besar pada tubuh. Perubahan umumnya mulai terasa pada minggu kedua hingga minggu ketiga, seperti badan yang terasa lebih enteng.

Pada minggu keempat, umumnya Anda mulai kehilangan cukup berat badan. Selanjutnya, pola makan yang Anda lakoni selama diet mulai terasa seperti rutinitas normal.

Mengetahui ciri-ciri berat badan mulai turun membantu Anda untuk memantau kemajuan program diet yang dijalani.

Namun, perlu diketahui, ciri-ciri ini tak hanya nampak secara fisik, tapi juga berbagai faktor lainnya.

Berikut mengutip Healthline, beberapa ciri program diet bekerja dengan baik.

1. Jarang merasa lapar

Jika selama diet Anda mengonsumsi lebih banyak protein dan mengurangi asupan lemak serta karbohidrat, maka Anda mungkin akan selalu merasa kenyang lebih lama. Hal ini membuat Anda jarang merasa lapar.

Hal ini terjadi akibat asam amino dalam protein mengirim sinyal kenyang ke otak.

2. Merasa lebih baik secara psikis

Menurunkan berat badan akan berpengaruh pada kesehatan psikis.

Studi pada tahun 2013 menemukan, orang yang menjalani program diet merasa lebih bisa mengontrol diri dari perasaan sedih, depresi, dan cemas.

3. Pakaian jadi lebih longgar

Pakaian yang jadi lebih longgar menjadi salah satu ciri program diet berjalan dengan baik. Artinya, Anda mengalami penurunan ukuran tubuh, khususnya pada lingkar pinggang dan perut.

3. Otot lebih kencang

Otot yang menjadi lebih kencang juga menjadi tanda bahwa program diet berjalan dengan baik. Namun, seberapa cepat perubahan pada otot akan tergantung pada jenis olahraga yang Anda lakukan.

Studi tahun 2019 menemukan, perempuan lebih mungkin membangun massa otot di kaki saat mereka menjalani program diet yang dibarengi dengan olahraga rutin.

4. Rasa nyeri berkurang

Kelebihan berat badan umumnya menimbulkan rasa nyeri, terutama pada bagian yang menahan beban tubuh seperti kaki dan punggung bawah.

Saat program diet berjalan dengan baik, rasa nyeri akan berkurang secara perlahan.

5. Tekanan darah menurun

Telah diketahui bahwa kelebihan berat badan akan berdampak negatif pada tekanan darah. Berat badan berlebih rentan terhadap tekanan darah tinggi.

Baca juga: Waspada Gejala Awal Omicron, Perlu ke Dokter Bila Sudah Seperti Ini

Program diet yang berjalan dengan baik juga membuat tekanan darah menurun. Saat berat badan berkurang, Anda mengurangi ketegangan pada jantung dan membuat tekanan darah jadi lebih normal.

6. Lebih sedikit mendengkur

Para peneliti menemukan bahwa orang dengan masalah sindrom metabolik seperti obesitas memiliki kecenderungan untuk mendengkur. Mendengkur juga bisa memicu kenaikan berat badan.

Untuk alasan itu, penurunan berat badan sering dijadikan salah satu terapi bagi orang-orang yang punya kebiasaan mendengkur.

7. Suasana hati membaik

Melakoni pola makan yang sehat dapat membuat suasana hati membaik. Anda juga jadi lebih berenergi.

Demikian ciri-ciri berat badan mulai turun yang menjadi penanda bahwa program diet untuk menurunkan berat badan berjalan dengan baik.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews