6 Sarapan yang Dapat Menurunkan Berat Badan

6 Sarapan yang Dapat Menurunkan Berat Badan

Diet untuk menurunkan berat badan (Foto: istock)

Batam - Sarapan merupakan hal yang diperlukan oleh hampir semua orang, karena itu merupakan asupan makanan pertama ketika akan menjalani hari.

Mengonsumsi makanan yang salah dapat membuat anda tidak nyaman menjalani hari, bahkan sebelum memulai hari. Maka dari itu, penting untuk memilih menu sarapan yang tepat, terutama bagi yang ingin menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, menu sarapan yang tepat juga dapat membuat anda kenyang sepanjang hari, sehingga dapat mengurangi frekuensi 'ngemil'.

Dikutip dari healthline, terdapat beberapa menu sarapan sehat yang akan membantu anda menurunkan berat badan. Menu itu, seperti:

1. Telur

Telur merupakan makanan kaya akan protein dan banyak vitamin serta mineral, seperti selenium dan riboflavin. Hal ini berarti bahwa telur merupakan menu sehat bernutrisi.

Berkat kandungan proteinnya yang tinggi, telur dapat mempertahankan rasa kenyang hingga waktunya makan siang tiba. Sehingga akan membantu menurunkan berat badan.

Penelitian terhadap 152 orang dewasa menemukan bahwa mengganti menu sarapan bagel dengan telur dapat menurunkan berat badan hingga 65 persen lebih banyak dan mengurangi lingkar pinggang 34 persen lebih besar selama periode 8 minggu.

2. Pisang

Pisang merupakan menu alternatif yang dapat dipilih jika ingin menu sarapan manis. Pisang merupakan makanan tinggi serat namun rendah kalori.

Satu buah pisang ukuran sedang memiliki lebih dari 100 kalori, namun mengandung 3 gram serat makanan. Hal itu berarti pisang telah mencukupi 12 persen dari kebutuhan serat harian.

Serat membantu memperlambat pengosongan perut, sehingga rasa kenyang dapat bertahan lebih lama.

3. Yoghurt

Yoghurt merupakan krim lezat dan memuaskan yang dapat dipilih untuk tambahan menu penurun berat badan. Secara khusus, yoghurt memberikan sebagian besar protein dalam setiap porsi, menjadikan yoghurt makanan yang ideal untuk menurunkan berat badan.

Sebuah studi yang melibatkan 8.516 orang menunjukkan bahwa mereka yang makan setidaknya tujuh porsi yoghurt setiap minggu, memiliki risiko lebih rendah mengalami obesitas dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi yoghurt.

4. Kopi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa secangkir kopi di pagi hari dapat memberikan hari yang baik bagi penikmatnya.

Kafein yang terkandung dalam kopi membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak.

Sebuah studi kecil-kecilan telah dilakukan kepada delapan pria, hasilnya kafein yang mereka konsumsi meningkatkan metabolisme sebesar 13 persen dan meningkatkan pemecahan lemak.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews