Menilik Kans Partai-partai Baru pada Kontestasi Politik 2024 di Kepri

Menilik Kans Partai-partai Baru pada Kontestasi Politik 2024 di Kepri

Ilustrasi (Sindonews)

Batam, Batamnews - Ada beberapa poin yang harus jadi atensi atau perhatian khusus bagi partai-partai baru yang akan ikut dalam kontestasi politik 2024 di Indonesia, termasuk Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kans menang tentunya tak tertutup. Hanya saja perlu kerja lebih atau ekstra dalam menggapai apa yang diimpikan oleh partai. Demikian disampaikan oleh Pengamat Politik Kepri, Robby Patria, Kamis (9/6/2022).

Kata dia, partai baru otomatis harus kerja keras karena lawannya ialah partai-partai lama yang malang melintang di dunia politik.

"Partai baru akan berhadap dengan partai lama yang sudah menunjukkan eksistensinya. Maka partai baru harus kerja keras untuk dapat suara," kata Robby.

Di Pileg lanjutnya, figur sangat menentukan untuk get voter; menggaet hati dan suara masyarakat. Tak dapat dielakkan jika sosok orang atau tokoh populer sangat berperan.

Baca juga: Robby Patria Singgung Politik Praktis di Masjid saat Ramadan

Di sisi lain, strategi seperti biasa juga harus gencar dilakukan. Seperti turun ke masyarakat hingga menggunakan medsos sebagai semacam halaman untuk berkampanye.

"Iya, medsos itu penting. Karena kita lihat pada Pemilu di Amerika bahwa medsos itu sangat berpengaruh. Maka di Indonesia dan Kepri, dengan jangkauan internet sudah baik ke pemilih, maka medsos sangat penting dan sangat menentukan," katanya.

Kemudian, ada persoalan yang kerap terjadi dikancah politik dalam Pilkada pada masyarakat. Yakni krisis kepercayaan terhadap partai yang dirasakan oleh rakyat akibat dari seringnya dikecewakan.

"Karena tokoh yg dicalonkan kurang mengena di hati pemilih. Beda dengan partai lama yang sudah berbuat di tengah masyarakat sehingga mereka dikenal dan dipilih," ujarnya.

Robby juga menyinggung soal logistik Pemilu. Bagi dia, hal tersebut menjadi penting karena perbekalan perang menjadi kunci untuk Pemilu maupun Pilkada.

(jun)