5 Fakta Menarik Usai Timnas Indonesia Taklukkan Kuwait 2-1

5 Fakta Menarik Usai Timnas Indonesia Taklukkan Kuwait 2-1

Penalti Marc Klok berhasil menyamakan skor saat menghadapi Kuwait (Foto: Antara Foto)

Jakarta, Batamnews - Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Kuwait dengan skor 2-1 dalam laga perdana Kualifikasi Piala Asia. Timnas Indonesia menunjukkan perlawanan luar biasa menghadapi Kuwait yang bermain di hadapan pendukung mereka.

Meski sempat tertinggal lebih dulu, Indonesia sukses berbalik unggul lewat Marc Klok dan Rachmat Irianto. Kemenangan atas Kuwait ini membuat Indonesia meraih tiga poin dan membuka peluang lolos ke Piala Asia 2023.

Berikut fakta-fakta menarik di balik kemenangan Indonesia atas Kuwait:

1. Gol Bersejarah Marc Klok

Gol pertama Marc Klok bersama Timnas Indonesia sejak proses naturalisasinya rampung pada Maret lalu. Marc Klok sudah mencetak gol di ajang SEA Games namun laga tersebut tidak masuk dalam level senior.

2. Indonesia Sudahi Rapor Buruk

Indonesia patahkan rapor buruk tidak pernah menang dalam laga pertama dalam dua edisi terakhir Kualifikasi Piala Asia, 2011 dan 2015.

Pertandingan pertama Kualifikasi Piala Asia 2011 imbang dengan Oman 0-0, dan kalah 0-1 dari Irak di laga pertama Kualifikasi Piala Asia 2015. Indonesia absen di Kualifikasi Piala Asia 2019 karena sanksi FIFA.

3. Kemenangan Pertama Atas Kuwait Setelah 1980

Indonesia kali terakhir menang atas Kuwait pada Oktober 1980 dengan skor 2-1. Setelah itu dalam lima bentrokan berikutnya Indonesia tidak pernah menang dengan rapor dua kali kalah dan tiga kali imbang.

Kemenangan 2-1 di Kualifikasi Piala Asia 2023 jadi yang pertama bagi Indonesia atas Kuwait setelah 1980.

4. Kemenangan Pertama di Kualifikasi

Selain mematahkan rapor buruk di laga pertama Kualifikasi Piala Asia, Indonesia juga memutus catatan buruk tidak pernah menang di babak kualifikasi dalam dua edisi terakhir.

Di Kualifikasi Piala Asia 2015 Indonesia babak belur dengan tiga kekalahan, sedangkan di Kualifikasi Piala Asia 2011 mengemas dua kali imbang dan sekali kalah. Kemenangan terakhir Indonesia di kualifikasi pada 2004 dengan dua kemenangan dan sekali kalah.

5. Sinyal Bagus Lolos ke Piala Asia

Kali terakhir Indonesia menang di Kualifikasi Piala Asia pada edisi 2004. Saat itu Indonesia menang dua kali di Kualifikasi Piala Asia 2004 melawan Bhutan (2-0) dan Yaman (3-0). Dari kemenangan itu Indonesia lolos ke Piala Asia 2004 di China.

(ruz)