PSSI Beri Opsi Shin Tae-yong Lepas Kursi Pelatih Timnas Senior dan U-23

PSSI Beri Opsi Shin Tae-yong Lepas Kursi Pelatih Timnas Senior dan U-23

Shin Tae-yong.

Jakarta, Batamnews - Induk sepakbola Tanah Air, PSSI berniat mengurangi beban yang dipikul Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan itu bakal diberikan opsi untuk melepas jabatannya sebagai pelatih Timnas Indonesia senior dan U-23.

Menurut Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, beban kerja yang dimiliki Shin saat ini terlalu menumpuk. Alhasil, Shin kerap kehilangan fokus manakala harus menangani tim di kelompok umur yang berbeda.

"Sebenarnya, kami ingin dia [Shin Tae-Yong] fokus menangani Timnas U-20 sejak pertama kali datang," kata Iriawan usai menghadiri rapat koordinasi Piala Presiden 2022 di Auditorium Wisma Kemenpora, Selasa (7/6/2022).

Baca juga: Shin Tae-yong Kecewa Diimbangi Bangladesh: Harusnya 4 Gol!

"Namun, Shin menginginkan menangani tiga kelompok umur sekaligus (U-20, U-23, dan senior). Dia mengungkap ingin melihat perkembangan pemain timnas dari level junior sampai senior. Sehingga, dia bisa tahu kualitasnya seperti apa," sambungnya.

"Tapi, saat ini menurut saya dia cukup keteteran. Dia kesulitan membagi waktu untuk menangani timnas di tiga kelompok umur sekaligus," lanjut Iriawan.

Meski begitu, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu tak mau mengambil keputusan sepihak. Ia mengatakan dalam waktu dekat PSSI akan menggelar pertemuan dengan Shin guna membahas hal tersebut.

Baca juga: Shin Tae-yong Ingin Sertakan Jordi Amat dan Sandy Walsh di Kualifikasi Piala Asia

Apalagi, Piala Dunia U-20 2023 sudah ada di depan mata. Indonesia yang didapuk sebagai tuan rumah tentu memiliki target yang cukup realistis.

"Kami akan coba berbicara kepada Shin, kami akan memberi saran agar dia fokus menukangi Timnas U-20 saja. Jika dia tak berkenan, mungkin kami sarankan agar melepas Timnas U-23 setidaknya," tambah Iwan Bule.

"Intinya, yang jelas Timnas senior masih bisa kami negosiasikan. Tapi, jika bisa, sekalian saja dilepas oleh Shin dan kami akan carikan sosok baru untuk Timnas U-23 dan senior."

"Namun, sekali lagi, ini masih sebatas rencana. Kami tunggu pendapat dari Shin, mungkin dia ada pertimbangan lain. Kami akan coba diskusi saat dia pulang dari Kuwait nanti," pungkasnya.

(ruz)