Daftar 30 Tim Lolos Piala Dunia Qatar 2022

Daftar 30 Tim Lolos Piala Dunia Qatar 2022

Piala Dunia 2022 Qatar.

Jakarta, Batamnews - Sebanyak 30 tim memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022, termasuk tuan rumah Qatar. Wales menjadi tim terakhir yang akan tampil di Piala Dunia di Qatar.

Piala Dunia 2022 akan menampilkan performa 32 tim nasional terbaik. Sejauh ini sebanyak 30 tim telah meraih tiket ke Qatar. Wales jadi tim terbaru yang lolos ke Piala Dunia Qatar, sekaligus mengunci slot terakhir dari zona Eropa.

Wales lolos berkat gol bunuh diri Andriy Yarmolenko yang gagal mengantisipasi tendangan bebas Gareth Bale pada menit ke-34 di Stadion Cardiff, Minggu (5/6/2022). Total 13 tim dari Benua Biru lolos ke Piala Dunia 2022.

Selain 13 tim dari Eropa, sebanyak 30 tim yang lolos ke Piala Dunia 2022 diisi dari lima tim Asia: Iran, Jepang, Qatar, Arab Saudi, dan Korea Selatan.

Dilanjutkan dengan lima tim asal Afrika: Kamerun, Ghana, Maroko, Senegal, dan Tunisia. Sedangkan dari zona Amerika Tengah, Utara, dan Karibia (Concacaf) tercatat tiga tim lolos: Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Dari zona Amerika Selatan (Conmebol), empat tim akan kembali bermain di Piala Dunia: Argentina, Brasil, Ekuador, dan Uruguay.

Dengan 30 tim memastikan lolos kini hanya tersisa dua tiket ke Piala Dunai 2022 di Qatar. Kedua tiket itu akan diperebutkan pemenang duel wakil Asia (AFC) vs Conmebol dan pemenang wakil Concacaf vs Oseania.

Duel wakil AFC vs Conmebol mempertemukan pemenang babak keempat kualifikasi Asia (Uni Emirat Arab vs Australia) melawan Peru pada 14 Juni. Uni Emirat Arab vs Australia itu sendiri akan dilangsungkan pada 7 Juni.

Sementara itu laga wakil Concacaf vs Oseania akan mempertemukan Kosta Rika vs Selandia Baru pada 14 Juni nanti.

Daftar 30 Tim Lolos Piala Dunia 2022:

AFC: Iran, Jepang, Qatar, Arab Saudi, Korea Selatan
CAF: Kamerun, Ghana, Maroko, Senegal, Tunisia
Concacaf: Kanada, Meksiko, Amerika Serikat
Conmebol: Argentina, Brasil, Ekuador, Uruguay
UEFA: Belgia, Kroasia, Denmark, Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Polandia, Portugal, Serbia, Spanyol, Swiss, Wales

(ruz)