Kualifikasi Piala Asia 2023

Timnas Indonesia Tumbangkan Tuan Rumah Kuwait dengan Skor 2-1

Timnas Indonesia Tumbangkan Tuan Rumah Kuwait dengan Skor 2-1

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia berhasil menumbangkan tuan rumah Kuwait dengan skors tipis 2-1. Sempat tertinggal, Tim Garuda bangkit dan come back.

Timnas mencetak gol berkat penalti Marc Klok dan gol Rachmat Irianto.

Indonesia menghadapi Kuwait di Stadion Jaber Al Ahmad pada laga grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (8/6/2022) malam WIB. Kuwait bisa unggul lebih dulu melalui Youse Al Sulaiman pada menit ke-40.

Tim Garuda merespon dengan sangat baik gol ini dengan mendapat hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih usai Rachmat Irianto diterjang kiper Kuwait, Fahad El Reshidi.

Klok yang maju sebagai eksekutor bisa mengecoh Fahad. Skor berubah imbang 1-1 di menit ke-45 dan bertahan hingga turun minum.

Selepas jeda, Indonesia langsung menggebrak. Hasilnya, pasukan Shin Tae-yong bisa berbalik memimpin dari gol Rachmat Irianto di menit ke-48.

Indonesia bisa mempertahankan keunggulan ini hingga laga tuntas. Kemenangan ini membawa Tim Merah Putih ke puncak klasemen Grup A dengan tiga angka.

Pada laga berikutnya Indonesia akan melawan Jordania pada 12 Juni mendatang.

Jalannya Pertandingan

Kuwait berusaha memegang kendali di awal laga. Tuan rumah coba mengancam ketika laga baru berjalan dua menit lewat tendangan jarak jauh. Untung untuk Tim Garuda, bola belum menemui sasaran.

Indonesia masih kesulitan untuk mengembangkan serangan hingga 15 menit awal laga. Kualitas umpan yang buruk jadi sebabnya.

Peluang pertama Indonesia!. Kerja sama segitiga Pratama Arhan, Marc Klok, dan Saddil Ramdani menghadirkan ruang di depan kotak penalti Kuwait di menit ke-17

Klok melepas tendangan bola yang membentur salah satu bek Kuwait. Namun, upaya Klok masih melebar tipis.

Hampir Indonesia kebobolan! Umpan silang Bader Al Motawaa dari sisi kanan melahirkan kemelut di depan gawang pada menit ke-19. Eid Alrashidi menyambar bola liar. Sepakannya belum berbuah hasil karena masih melambung.

Pada menit ke-24, Yousef Alsulaiman melepas sepakan jarak jauh. Percobaannya masih terlalu lemah hingga mudah diamankan Nadeo Argawinata.

Ancaman berbahaya untuk gawang Indonesia! Eid Alrashidi melepas tembakan keras dari luar kotak penalti di menit ke-26. Nadeo tampil gemilang dengan bisa menepis bola.

Peluang Indonesia! Saddil bisa menusuk hingga ke kotak penalti pada menit ke-31. Ia lebih memilih melepas tembakan di sudut sempit padahal dua pemain Indonesia bebas di depan gawang. Sepakan Saddil masih melebar.

Pada menit ke-37, Arhan yang bergerak dari sisi kiri mengirim umpan ke Stefano Lilipaly yang memantulkan bola ke Klok. Sepakan Klok tapi masih melebar.

Ancaman kembali ditebar Indonesia. Kali ini, Arhan melepas tembakan keras memanfaatkan sodoran bola dari Lilipaly. Gol belum terjadi karena bola melambung.

Kuwait mencetak gol! Kesalahan umpan Klok jadi awal serangan Kuwait. Bader Al Motawaa melancarkan umpan silang yang bisa ditanduk Yousef Alsulaiman di depan gawang untuk memperdayai Nadeo pada menit ke-40.

Penalti untuk Indonesia! Rachmat Irianto terbebas di sisi kanan kotak penalti pergerakannya diterjang oleh Fahad Al Reshidi. Klok yang maju sebagai eksekutor bisa mengecoh Fahad.

Skor berubah 1-1. Hasil ini bertahan hingga turun minum.

Gol kedua Indonesia! Tim Garuda langsung menggebrak di awal babak kedua. Kombinasi Irianto dan Witan menghadirkan kemelut yang bikin Witan punya raung tembak. Sepakan Witan diblok bek Kuwait, tapi bola liar bisa disambar Irianto menjadi gol pada menit ke-48.

Kuwait hampir menyamakan keduduakn beberapa saat kemudian. Bader punya ruang di depan kotak penalti. Tembakan mendatarnya belum berbuah gol karena masih menerpa tiang.

Kuwait sempat menggetarkan jala Nadeo. Yousef Alsulaiman menyambar bola umpan silang dari sisi kiri. Gol ini dianulir karena Yousef offside.

Pada menit ke-67, Kuwait mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Indonesia. Namun, Fahad Alansari gagal memanfaatkan kesempatan ini usai eksekusinya melambung.

Ahmad Al Dhefiri mencoba untuk Kuwait dari tembakan di luar kotak penalti pada menit ke-73. Usahanya juga belum berbahaya karena masih belum menemui sasaran.

Witan membuang kesempatan emas untuk membawa Indonesia menjauh di menit ke-81. Lepas dari perangkap offside usai menerima umpan dari Saddil, tembakannya tapi melenceng.

Ricky Kambuaya punya peluang di menit akhir laga. Namun, tembakannya di depan gawang bisa diblok bek Kuwait.

Skor 2-1 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga laga tuntas.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia: Nadeo Argawinata; Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott (Asnawi Mangkualam 83'), Rizky Ridho, Rachmat Irianto; Pratama Arhan (Alfeandra Dewangga 72'), Mark Klok, Ricky Kambuaya; Saddil Ramdani, Stefano Lilipaly (Muhammad Rafli 46' (Dimas Drajad 72')), Irfan Jaya (Witan Sulaeman 46').

 

Kuwait: Fahad Al Reshidi; Rashed Aldousari, Fahad Alhajeri, Eid Alrashidi (Ali Matar 62'), Talal Alfadhel (Fawaz Alotaibi 62'), Fahed Alansari, Omar Alhebaiter, Bader Al Motawaa, Yousef Alsulaiman, Issa Ali, Hussain Kankone.

(ruz)