Gagal Manfaatkan Peluang, Timnas Indonesia Vs Bangladesh Imbang

Gagal Manfaatkan Peluang, Timnas Indonesia Vs Bangladesh Imbang

Timnas Indonesia harus puas bermain imbang saat menjamu Bangladesh (Foto: PSSI)

Jakarta, Batamnews - Timnas Indonesia gagal memanfaatkan sederet peluang dan harus puas bermain imbang 0-0 saat melawan Bangladesh pada laga uji coba internasional di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (1/6/2022) malam.

Pelatih Shin Tae-yong menurunkan Stefano Lilipaly yang sempat 'menghilang' dari skuad Garuda dalam dua tahun terakhir. Lilipaly diturunkan sejak menit awal untuk mengatur tempo permainan di lini tengah bersama gelandang naturalisasi lainnya, Marc Klok, dan Rahmat Irianto.

Timnas Indonesia langsung berupaya mengambil inisiatif permainan sejak kick off babak pertama dimulai. Namun Bangladesh bisa tampil baik sehingga minim peluang yang tercipta di 10 menit pertama pertandingan.

Peluang pertama didapat Timnas Indonesia pada menit ke-11. Lemparan jauh dari Pratama Arhan mampu disambar sundulan Fachruddin Aryanto yang naik membantu serangan tetapi masih tepat dalam dekapan kiper Bangladesh.

Semenit berselang giliran Saddil Ramdani yang menebar ancaman ke gawang Bangladesh. Tembakan kerasnya dari sisi kanan penyerangan mengarah ke tiang dekat tetapi masih bisa dengan sigap diamankan Anisur Rahman.

Pada menit ke-21, Timnas Indonesia nyaris membuka keunggulan atas Bangladesh. Stefano Lilipaly mendapatkan peluang pertamanya di laga ini dan tembakannya mengarah ke gawang tetapi bisa kembali digagalkan Rahman yang bermain baik di bawah mistar.

Empat menit berselang, Bangladesh memberikan ancaman pertama ke gawang Nadeo Argawinata. Rakib Hossain melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti yang masih tepat dalam tangkapan Nadeo.

Pasukan Garuda terus mencoba menekan pertahanan lawan, namun sederet serangan yang dibangun Irfan Jaya dkk masih bisa diredam Bangladesh.

Indonesia harus kehilangan Asnawi Mangkualam yang cedera di menit-menit akhir. Pemain Ansan Greeners itu terpaksa ditandu keluar dan digantikan Koko Ari.

 

Upaya yang dibangun skuad arahan Shin Tae-yong belum membuahkan hasil hingga laga usai. Skor imbang tanpa gol jadi skor akhir di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Indonesia tampil lebih atraktif. Serangan dari sisi sayap dan umpan satu dua di lini tengah kerap merepotkan pertahanan lawan. Namun, belum ada gol yang tercipta hingga menit ke-60.

Pada menit ke-65, Indonesia nyaris membuka skor di laga ini melalui sundulan Lilipaly memanfaatkan umpan tendangan bebas Saddil Ramdani. Sayang, bola masih bisa diblok kiper Anisur Rahman yang tampil percaya diri.

Indonesia sebenarnya berhasil mencetak gol di menit ke-73 melalui Liliplay meneruskan umpan mendatar Dimas Drajad. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena Dimas sudah lebih dulu offside.

Bangladesh mendapat peluang bagus di menit ke-85 lewat aksi Sohel Rana. Akselerasinya dari sisi kanan berhasil menembus kotak penalti. Akan tetapi tembakan kaki kirinya masih bisa diamankan Nadeo Argawinata.

Dua menit berselang, giliran Indonesia yang mengancam. Umpan Marc Klok coba disambar heading berputar badan oleh Dimas Drajat. Amat disayangkan, bola masih melambung di atas mistar.

Usaha yang dibangun tim Merah Putih tak mampu membuahkan gol hingga pertandingan usai. Skor imbang tanpa gol pun jadi skor akhir di laga Indonesia vs Bangladesh.

Susunan pemain

Timnas Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizki Ridho, Pratama Arhan; Marc Klok, Stefano Lilipaly, Rachmat Irianto; Saddil Ramdani, Muhammad Rafli, Irfan Jaya.

Bangladesh (4-4-2): Anisur Rahman; Bishwanath Ghosh, Rimon Hossain, Tutul Hosain, Yeasin Arafat; Biplo Ahamet, Jamal Bhuyan, M Atiqur Rahman, Rakib Hossain; Mohammad Ibrahim, Sazzad Hossen.

(ruz)