Lantamal IV Tanjungpinang Latih Prajurit Kemampuan Operasi Pertahanan Pantai

Lantamal IV Tanjungpinang Latih Prajurit Kemampuan Operasi Pertahanan Pantai

Latihan Operasi Pertahanan Pantai (Opshantai) Lantamal IV Tanjungpinang. (Foto: ist)

Tanjungpinang, Batamnews - Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang menggelar Latihan Operasi Pertahanan Pantai (Opshantai) mulai hari ini, Senin (6/6/2022).

Latihan ini diikuti oleh satu kompi personel Lantamal IV, satu Kompi Pasukan Infantti Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan IV), satu kompi Rai Arhanud serta satu kompi Markas Yonmarhanlan IV.

Danlantamal IV, Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani mengatakan bahwa latihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit TNI AL di bidang Opshantai.

Latihan juga untuk menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak serta menguji doktrin dalam pelaksanaan operasi keamanan laut.

Selain bertujuan untuk bersiap menghadapi kekuatan musuh, Latopshantai ini juga merupakan upaya Lantamal IV dalam mempersiapkan kekuatan personil dan juga materil serta kesiapan alutsista yang dimiliki Lantamal IV. 

"Saya menekankan, kepada para peserta agar mendalami rencana latihan untuk memahami fungsi dan tugas setiap pelaku, memperhatikan keamanan latihan dengan mengikuti semua prosedur yang telah ditetapkan dan laksanakan tahapan latihan dengan penuh kesungguhan. Serta juga evaluasi latihan agar kita mengetahui sejauh mana latihan ini dapat memberikan kontribusi guna peningkatan kemampuan Lantamal IV," paparnya.

Kegiatan akan digelar selama empat hari ke depan terhitung hari ini (6/6) dan puncak latihan akan dilaksanakan pada hari Kamis. Latihan terhitung pada pukul 00.00 WIB dini hari sudah akan melaksanakan patroli sektor secara bergantian.

(CR1)
Komentar Via Facebook :