Lantamal IV Tanjungpinang Gelar Latihan SAR Tingkat Profesionalitas

Lantamal IV Tanjungpinang Gelar Latihan SAR Tingkat Profesionalitas

Apel latihan operasi matra laut pencarian dan pertolongan (SAR) di laut TW 1 TA 2022, Lantamal IV. (ist)

Tanjungpinang, Batamnews - Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV Tanjungpinang, menggelar latihan operasi matra laut pencarian dan pertolongan (SAR). Apel pembuka digelar di lapangan Apel Mako Lantamal IV, Kamis (17/3/2022).

Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Dwika Tjahja Setiawan dalam sambutannya mengatakan, kegiatan SAR merupakan misi kemanusiaan yang sangat penting. Mengingat wilayah kerja Lantamal IV dillalui alur laut kepulauan Indonesia I (ALKI I) yang merupakan jalur pelayaran yang sangat padat, baik domestik maupun Internasional.

"Sehingga membutuhkan satuan-satuan yang terorganisir dengan kemampuan dan keterampilan yang dapat diandalkan sehingga musibah yang terjadi khususnya di laut dapat segera di tangani secara profesional," kata Dwika.

Baca juga: Dwika Tjahja Setiawan Jabat Komandan Lantamal IV Tanjungpinang

Selain itu Danlantamal menambahkan bahwa kegiatan ini akan berlanjut dengan pembekalan dan manuver lapangan sehingga personel latihan akan mengerti akan tugas-tugasnya.

"Tahap pelaksanaan latihan SAR ini akan diselenggarakan di perairan Tanjungpinang dengan melibatkan unsur-unsur laut maupun udara, Tim kesehatan dan Yonmarhanlan IV TPI. Tahap ini akan dijadikan tolak ukur dalam memahami aturan tentang SAR dan efektifitas komando pengendalian unsur-unsur yang tergabung pada saat melaksanakan operasi SAR di laut," papar Dwika.

Pada kesempatan itu Laksma Dwika juga mengingatkan perlunya tindakan purba jaga yang profesional guna mencegah terjadinya kecelakaan dan kerugian yang tidak kita inginkan baik personel maupun material.

"Oleh karena itu latihan harus dilakukan secara cermat dan benar dalam rangka menuju zero accident, serta protokol kesehatan yang ketat mengingat masih dalam keadaan pandemi Covid-19," pesannya.

(CR7)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews