Serbu Pantai Todak di Singkep, TNI AL Pukul Mundur Musuh

Serbu Pantai Todak di Singkep, TNI AL Pukul Mundur Musuh

Perajurit TNI AL berupaya merebutkan wilayah dari genggaman musuh (Foto:dok.lanal dabo)

Lingga - Pasukan Pangkalan TNI AL (Lanal) Dabo Singkep bersama pasukan marinir dari Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV Tanjungpinang, berhasil menguasai area Pantai Todak, Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep, dari genggaman musuh, Kamis (27/6/2019) kemarin.

Lantamal IV mengerahkan 60 pasukannya untuk bergabung dengan prajurit Lanal Dabo. Pasukan diterjunkan dari Tanjungpinang, dengan menggunakan dua unit Kapal Angkutan Laut (KAL) yakni, KAL Marapas dan KAL Mapor, Rabu (26/6/2019).

Tepat pada Kamis (27/6/2019) sekira pukul 02.00 WIB (Dini hari), pasukan pendarat dengan jumlah 75 prajurit matra laut yang tangguh turun ke laut di perairan Pantai Todak, Batu Berdaun. Kemudian pada pukul 06.00 WIB pasukan pendarat mulai melaksanakan penyerbuan dan peledakan untuk perebutan wilayah.

Satu jam berselang, tepatnya pukul 07.00 WIB wilayah tersebut pun dapat dikuasai oleh pasukan. Namun, penyerbuan tersebut bukanlah penyerbuan beneran, melainkan hanya giat latihan tempur yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya di Pantai Todak.

Danlanal Dabo, Letkol Laut (P) Arif Rahman mengatakan, usai pelaksanaan latihan tempur tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan long mars/hanmars dari Pantai Todak menuju Mako Lanal Dabo. Kemudian juga dilaksanakan syukuran dan doa bersama atas keberhasilan dari kegiatan tersebut.

"Tadi pagi pasukan dari Lantamal IV sudah kembali ke Tanjungpinang. Alhamdulillah rangkaian kegiatan latihan tempur dan pendaratan matra laut ini bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala suatu apapun," kata Arif kepada Batamnews.co.id, Jumat (28/6/2019).

Ia berharap, dengan dilaksanakan latihan tempur rutin ini para prajurit matra laut jiwa militan serta jiwa pasukan dan jiwa militernya tetap terasah dan terjaga sehingga setiap saat dalam kondisi apapun siap menjaga keutuhan NKRI.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews