Singapore Airlines Buka Lowongan Besar-besaran, Butuh 2 Ribu Kru Kabin

Singapore Airlines Buka Lowongan Besar-besaran, Butuh 2 Ribu Kru Kabin

Singapore Airlines. (Foto: ist)

Singapura - Maskapai Singapore Airlines (SIA) membuka lowongan besar-besaran seiring dengan peningkatan penerbangan pasca-pandemi Covid-19.

Mereka membutuhkan 2.000 awak kabin. Lebih dari 800 awak kabin telah dipekerjakan sejak perekrutan dimulai pada Maret.

Sekitar tiga dari lima di antaranya adalah mantan anggota kru yang telah meninggalkan pekerjaan.

Anggota kru baru yang tersisa akan dipekerjakan pada akhir tahun keuangan perusahaan saat ini, tepatnya Maret mendatang, kata SIA dikutip Batamnews dari The Star, Senin (30/5/2022).

"Kami telah proaktif, kami mengantisipasi bahwa segala sesuatunya terbuka dan kami ingin menjadi yang terdepan," kata Kepala Eksekutif SIA, Goh Choon Phong.

Karena banyak awak kabin baru yang sebelumnya bekerja di SIA Group, ini mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk melatih mereka, tambahnya.

SIA tidak merinci jumlah awak pesawat yang dipekerjakannya saat ini, dengan alasan sensitivitas komersial.

Grup, yang juga mencakup maskapai penerbangan hemat Scoot, pada September 2020 memangkas sekitar 4.300 posisi di seluruh maskapainya.

Setelah memperhitungkan pembekuan perekrutan, pengurangan alami dan pengambilan skema keberangkatan sukarela, jumlah staf yang harus pergi kurang dari 2.000.

Sebelum latihan pengurangan, Grup SIA memiliki sekitar 3.200 pilot dan hampir 11.000 awak kabin.

Goh mengatakan jumlah pilot di SIA Group masih sama dengan jumlah pra-Covid-19, hanya "jumlah yang sangat kecil" yang tersisa.

Hampir semua pilot, awak kabin, dan pesawat SIA yang ada sekarang sudah kembali terbang secara teratur.

Tetapi maskapai mengatakan tidak dapat mengungkapkan jumlah pastinya, dengan alasan sensitivitas komersial.

Goh mengatakan belum ada awak pesawat atau pesawat yang dimanfaatkan secara maksimal, mengingat perjalanan udara masih dalam masa pemulihan dari pandemi.

“Tapi kita mengerahkannya agar semuanya siap operasional, dan kapan pun kita ingin menambah frekuensi atau titik baru, kita dapat dengan mudah meningkatkannya karena sumber dayanya sudah ada dan terlatih,” katanya.

Goh juga mengatakan bahwa SIA tidak membutuhkan level krunya untuk sepenuhnya dikembalikan seperti sebelum pandemi.

Ini karena kapasitas penumpangnya diperkirakan mencapai 61% dari level pra-Covid-19 pada kuartal ini dan 67% selama tiga bulan berikutnya.

“Ada beberapa pasar yang mungkin tutup untuk sementara waktu,” kata Goh.

"China adalah salah satu yang mungkin, kami tidak tahu kapan akan dibuka, jadi kami tidak perlu kembali 100% dulu," imbuhnya.

Meskipun saat ini ada cukup awak pesawat untuk menangani penerbangan yang akan datang, dia mengakui bahwa pusat layanan pelanggan SIA telah berjuang dengan lonjakan permintaan.

Dia mengatakan bahwa pelanggan khawatir tentang perubahan cepat dalam pembatasan perbatasan dan persyaratan pengujian, di antara masalah lainnya.

Banyak yang telah menelepon maskapai untuk memvalidasi informasi dan menerima beberapa bentuk jaminan.

Jumlah staf yang mengawaki pusat panggilan operator pada bulan April sudah sedikit melebihi jumlah sebelum pandemi, kata Goh.

Tetapi volume panggilan telah melonjak menjadi 160% dari tingkat Covid-19 pada beberapa hari, menyusul pengumuman Singapura bahwa, mulai April, akan terbuka untuk semua pelancong yang divaksinasi Covid-19.

Goh mengatakan masalah dalam layanan pelanggan sekarang "sedang diselesaikan dengan cepat" dan situasi di call center menjadi normal.

“Sementara kami melakukan apa yang kami lakukan dengan sumber daya tenaga kerja lainnya, yaitu merencanakan dan menempatkan kapasitas di depan permintaan, dalam hal ini, lonjakannya sangat tinggi sehingga kami tidak dapat benar-benar mencocokkannya sepenuhnya,” kata Goh.

"Kami benar-benar meminta maaf kepada pelanggan kami yang terpengaruh oleh semua masalah ini," pungkasnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews