Tips Agar Tubuh Tetap Bugar di Tengah Kesibukan Bekerja

Tips Agar Tubuh Tetap Bugar di Tengah Kesibukan Bekerja

Ilustrasi (Foto: Freepik)

Jakarta, Batamnews - Rutinitas pekerjaan yang padat sering membuat seseorang lupa berolahraga. Kalaupun ada waktu libur kadang justru dihabiskan untuk beristirahat dan tak sempat berolahraga.

Namun ternyata badan masih tetap bisa bugar loh tanpa harus berolahraga berat. Dokter Bernadette Laura dari Royal Sports Performance Centre menyatakan pentingnya meningkatkan NEPA (Non Exercise Physical Activity) bagi yang sibuk bekerja hingga tidak sempat berolahraga.

NEPA (Non Exercise Physical Activity) merupakan aktivitas sehari-hari yang membuat tubuh aktif bergerak dan tidak berdiam diri.

"Bisa juga tingkatkan NEPA (Non Exercise Physical Activity), jadi bukan olahraga tapi kayak misal jalan kaki dari stasiun ke kantor, atau aktivitas sehari-hari biar tubuh terus bergerak. Intinya jangan mager," ujar dr Laura dilansir dari detikcom, Sabtu (21/5/2022).

Baca juga: Tentang Kardio, Olahraga Simpel untuk Jaga Kesehatan Jantung-Paru

Namun menurut dr Laura seharusnya penting untuk menyempatkan tubuh berolahraga walaupun sekedar exercise ringan.

"Sibuk harusnya masih bisa luangkan waktu untuk exercise ringan misalnya, tergantung nih mau bangun pagi buat olahraga dulu atau setelah kerja dengan risiko ya udah capek ya," bebernya.

Menurutnya exercise ringan penting agar tubuh tidak mudah capek terutama saat melakukan rutinitas pekerjaan.

"Sebenernya exercise ringan itu penting yah biar kita nggak gampang capek untuk kebugaran ya, jadi aku saranin sih terus ada paling tidak 30 menit sehari selama 5 hari," pesannya.

"Bisa jalan ringan aja, squat ringan, kalau kuat bisa push-up atau plank. Paling penting ya tadi tingkatkan NEPA (Non Exercise Physical Activity), jangan dikit-dikit mager," pungkasnya.

(ruz)