Bukan Cuma Buat Gaya, Ini Lho Manfaat Pakai Compression Saat Olahraga

Bukan Cuma Buat Gaya, Ini Lho Manfaat Pakai Compression Saat Olahraga

Foto: Getty Images/iStockphoto/sportpoint)

Jakarta - Compression garment atau pakaian kompresi merupakan setelan pakaian olahraga yang didesain khusus sangat pas dan ketat di kulit. Dalam konteks olahraga, pakaian kompresi memberikan dukungan bagi otot untuk untuk melakukan proses recovery (penyembuhan) lebih cepat.

Hal tersebut sebagaimana dikatakan oleh dr Bernadette Laura dari Royal Sports Performance Centre. Menurutnya, memakai pakaian kompresi membuat peradangan otot lebih cepat sembuh.

"Setiap habis olahraga kan pasti otot itu mengalami nyeri atau peradangan karena proses latihan, nah menurut penelitian yang saya baca dengan memakai compression garment itu bisa mengurangi peradangan 3% lebih cepat. Ini tidak bisa dilakukan pakaian biasa," ujar dr Laura di sela Workout Class 2XU di Mall Kota Kasablanka, Sabtu (21/5/2022).

"Tapi ini penelitian yang perlu dilanjutkan karena yang saya baca itu tahun 2013," sambungnya.

Dokter Laura sendiri menekankan sebetulnya pakaian dalam olahraga bisa dipilih senyaman mungkin untuk tiap individu, namun jangan lupakan prinsip recovery yang harus diperhatikan setelah olahraga.

"Kalau untuk pakaian olahraga nggak perlu nunggu jago dulu ya baru ganti yang bagus, senyaman kita aja pakainya. Memang apapun itu olahraganya, mau jogging atau bersepeda tetap butuh namanya recovery outfit. Jangan sampai olahraga ringan malah cedera," bebernya.

Pakaian kompresi untuk olahraga memang terbilang cukup mahal, namun mengandung fungsi recovery yang penting bagi tubuh.

"Memang kalau harga lebih mahal yah, tapi penting untuk mengoptimalkan olahraga yang ditekuni. Tapi senyamannya aja," tambahnya.

 

Dikutip dari WebMD, dalam olahraga memang dikenal konsep RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation) yang berfungsi sebagai proses penyembuhan (recovery) setelah berolahraga atau ketika mengalami cedera ringan.

Rest (Istirahat)

Rasa sakit merupakan sinyal untuk tubuh bahwa ada sesuatu yang salah. Jika merasa sakit setelah olahraga istirahatkan badan terutama bagian tubuh yang terasa sakit selama kurang lebih 2 hari.

Ice (Es)

Es terbukti ampuh untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Kompres es (ditutupi dengan handuk penyerap ringan untuk membantu mencegah terlalu dingin) selama 15-20 menit setiap dua hingga tiga jam. Lakukan ini selama 24 hingga 48 jam pertama setelah cedera.

Compression (Kompresi)

Kompresi berarti membungkus area yang terluka untuk mencegah pembengkakan. Bungkus area yang terkena dengan perban medis elastis. Saat ini pakaian kompresi bisa dipakai untuk membantu proses penyembuhan cedera.

Elevation (Meninggikan)

Konsepnya yaitu meninggikan posisi bagian tubuh yang cedera sejajar dengan dada atau jantung. Misal ketika kaki sakit bisa disandarkan pada bantal atau sofa dengan posisi sedikit lebih tinggi dari tubuh yang berbaring.

(fox)