Tentang Kardio, Olahraga Simpel untuk Jaga Kesehatan Jantung-Paru

Tentang Kardio, Olahraga Simpel untuk Jaga Kesehatan Jantung-Paru

Salah satu olahraga kardio yang murah meriah adalah jogging (Foto: thinkstock)

Jakarta - Olahraga kardio atau cardio merupakan olahraga yang berguna bagi kesehatan tubuh. Bagi kamu yang belum akrab dengan istilah olahraga kardio, penting diperhatikan catatan dokter berikut ini agar kamu bisa memahami sebelum mencobanya.

Menurut dokter dr Bernadette Laura dari Royal Sports Performance Centre, olahraga kardio atau tepatnya cardiopulmonary merupakan kegiatan olah tubuh yang bertujuan meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

"Kardio itu sesuai dengan namanya kardio respirasi jadi kebugaran jantung dan paru-paru. Jadi yang melibatkan jantung dan paru-paru bekerja lebih dalam olahraga," beber dr Laura via detikcom Sabtu (21/5/2022).

"Jenis olahraganya bisa aerobik, ada dance aerobik, cycling, running, berenang itu termasuk kardio jadi bukan yang stagnan," sambungnya.

Namun dr Laura berpesan jika ingin melakukan olahraga kardio jangan lupakan konsep keseimbangan. Keseimbangan di sini menurutnya adalah menjaga intensitas jenis olahraga yang seimbang antara olahraga kardio dan olahraga weight training (angkat beban).

Jika olahraga kardio berguna bagi jantung dan paru-paru, menurut dr Laura juga penting mengimbanginya dengan menambah massa otot yang bisa dilakukan dengan olahraga weight training.

"Ingat harus balance yah, kalau sudah latihan kardio ya jangan lupa juga membentuk otot. Bisa dibagi fokusnya mau bagian bawah, tengah, atau atas. Seimbang ini penting agar tidak kehilangan massa otot di waktu tua," ujarnya.

"Weight training yang ringan aja kalau gak punya barbel ya gunakan berat tubuh. Bisa plank, push up, squat yang nyaman aja di rumah buat ngimbangin," sambungnya.

 

Selain itu, dr Laura menegaskan bahwa melakukan olahraga kardio baik untuk tubuh agar terhindar dari penyakit jantung, stroke, atau pembuluh darah tersumbat.

"Kalau kardio itu bisa menjaga anda dari penyakit jantung, stroke, dan pembuluh darah tersumbat. Jadi kardio membantu jantung memompa secara optimal, kan jantung juga punya otot ya dilatih dengan kardio ini," pungkasnya.

(fox)
Komentar Via Facebook :