`Dudu` si Ikan Dugong Jadi Maskot Porprov Kepri Ke-V di Bintan

`Dudu` si Ikan Dugong Jadi Maskot Porprov Kepri Ke-V di Bintan

Plt Bupati Bintan (tengah) berfoto bersama `Dudu` maskot Porprov Kepri Ke-5 di Bintan.

Bintan, Batamnews - Usai Bintan ditetapkan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepri ke V Tahun 2022, berbagai persiapan pun dilaksanakan. Mulai dari lokasi, cabang olahraga (cabor), begitu juga logo dan maskot yang menjadi ikon event olahraga terbesar di Kepri itu.

Logo dan Maskot Porprov Kepri ke V Tahun 2022 resmi dilaunching oleh Sekda Kepri Adi Prihantara dan Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan di Aula Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Jumat (20/5/2022) malam.

Logo Porprov Kepri ke V ini divariasikan dengan api merah berwujud lidah api yang menjulang. Tiga lapis gelombang hijau, kuning dan merah dipadu dengan riak gelombang yang merefleksikan dinamika dalam melahirkan juara.

"Logo ini menjadi semangat kebangkitan yang juga menjadi tema utama dalam Porprov Kepri ke V tahun ini, yaitu Bintan Bangkit. Kami sampaikan bahwa sebagai tuan rumah, Bintan siap," kata Roby Kurniawan.

Baca juga: Bintan Terpilih Jadi Tuan Rumah Porprov Kepri 2022

Sementara itu, maskot yang digunakan bernama "Dudu" sebagai manifestasi dari hewan laut yang dilindungi yakni Dugong. Dugong juga merupakan ikon utama dalam dunia pariwisata Kabupaten Bintan.

Logo dan Maskot ini dianggap sangat perlu disosialisasikan agar seluruh masyarakat bisa mengetahuinya. Di samping itu akan menjadi penyemangat tersendiri bagi para atlit yang akan berkompetisi.

Porprov Kepri ke V Tahun 2022 akan dilangsungkan November mendatang. Pemkab Bintan juga menaruh harapan agar event ini bisa menjadi salah satu penggelora bangkitnya sektor pariwisata.

"Melalui event ini akan menjadi tahun kebangkitan bagi Kabupaten Bintan. Bangkit dari keterpurukan pandemi Covid-19, bangkit dari ekonomi dan melahirkan bibit-bibit unggul dari bidang olahraga," sebutnya.

Baca juga: Dilantik Jadi Ketua PSSI Batam, Ides Madri: Kita Pertahankan Juara 1 Porprov Kepri

Sementara itu, Sekda Kepri Adi Prihantara mengaku sangat setuju dengan Maskot Dudu ini. Maskot ikan Dugong juga menjadi ikon pariwisata yang diambil karena wilayah perairan Kabupaten Bintan banyak didiami oleh ikan Dugong.

"Ini menjadi sebuah kebanggaan bagi Bintan. Ada penelitian dan riset bahwa di Bintan ada ikan Dugong, sehingga diambil menjadi ikon dan ini beda dari lainnya," ucapnya.

Adi Prihantara berharap atlet yang mengikuti cabor di Porprov Kepri ini dapat bersaing secara sportif sehingga memunculkan atlet yang betul-betul berkualitas. Sebab atlet yang berkualitas akan dikirimkan untuk mewakili Provinsi Kepri dalam event-event tingkat nasional bahkan internasional.

"Kita butuh atlet yang berkualitas untuk mengharumkan nama Kepri dalam dunia olahraga. Baik tingkat nasional maupun internasional," tutupnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews