Ustaz Abdul Somad Mengaku Dideportasi dari Singapura

Ustaz Abdul Somad Mengaku Dideportasi dari Singapura

UAS. (Foto: Ilustrasi/Antara)

Batam - Ustaz Abdul Somad (UAS) mengaku dideportasi dari Singapura. Hal itu disampaikan melalui akun instagram resminya, Senin (16/5/2022) lalu.

Dalam unggahannya, UAS juga mengunggah foto dan video saat berada dalam ruangan sebelum dideportasi.

"UAS di ruang 1x2 meter seperti penjara di imigrasi, sebelum dideportasi dari Singapore," tulis UAS dalam unggahannya.

Pendakwah kondang itu belum mengungkap penyebab pasti dirinya dideportasi. Ia mengaku akan menjelaskannya pada hari ini, Selasa (17/5/2022).

 "Berita lengkapnya saksikan esok wawancara UAS, Selasa 17 Mei 2022, hanya di channel: hai guys official," tulis UAS.

Dalam foto yang diunggah, UAS terlihat mengenakan masker dan topi. Ia berada dalam sebuah ruangan bercat putih dan terdapat besi di atasnya.

Sementara itu Kabag Humas Kemenkumham Tubagus Erif Faturahman mengatakan pihaknya sedang berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Imigrasi terkait kabar deportasi UAS.

"Terkait kabar penahanan dan deportasi UAS oleh Imigrasi Singapura mohon sabar, sedang koordinasi dan penelusuran dengan Humas Imigrasi," kata Erif.

Sementara itu, Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh baru Indonesia untuk Singapura Suryopratomo mengatakan bahwa UAS tidaklah dideportasi. 

Melainkan, UAS tak mendapatkan izin untuk masuk ke wilayah Negeri Singa.  "UAS tidak dideportasi. Tetapi tidak mendapatkan approval (persetujuan) untuk masuk Singapura," ucap Suryopratomo dilansir via inews.id

Dia menjelaskan, perihal izin bukanlah kewenangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI). Menurut dia, hal ini murni keputusan dari Pemerintah Singapura. "Itu kewenangan Singapura bukan KBRI," ungkapnya. 

(fox)