Singapura Bakal Jadi Tuan Rumah SEA Games 2029

Singapura Bakal Jadi Tuan Rumah SEA Games 2029

Bendera Singapura. (Foto: ist)

Singapura - Singapura akan menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) 2029, 14 tahun setelah acara itu terakhir kali diadakan di negara itu.

Dalam pernyataan media bersama, Dewan Olimpiade Nasional Singapura (SNOC) dan Sport Singapore (SportSG) mengatakan anggota Federasi SEA Games menerima minat Singapura untuk menjadi tuan rumah acara dua tahunan itu pada pertemuan yang diadakan di Hanoi pada Kamis (12/5/2022).

"Kami senang menjadi tuan rumah acara olahraga regional bergengsi di Singapura lagi. SEA Games menyimpan kenangan dan pengalaman khusus bagi Singapura dan tetangga Asia Tenggara kami," kata presiden SNOC Tan Chuan-Jin dikutip Channel News Asia, Jumat (13/5/2022).

"Persahabatan dan persaingan yang kami bagikan berbeda dan Singapura sekali lagi dengan senang hati menyelenggarakan SEA Games ke-35 untuk menghidupkan kembali momen-momen ini."

Singapura terakhir menjadi tuan rumah SEA Games pada 2015.

“Menjadi tuan rumah SEA Games akan sekali lagi memberikan kesempatan kepada para atlet Tim Singapura kami untuk bersaing dengan beberapa yang terbaik di kawasan ini, dengan dukungan tuan rumah yang kuat. Semangat SEA Games juga dapat menyatukan warga Singapura dari semua lapisan masyarakat, untuk menyemangati dan menggalang dukungan bagi para atlet kita, serta mempererat persatuan bangsa kita,” ujar Menteri Kebudayaan, Masyarakat, dan Pemuda Edwin Tong.

Pada hari Kamis, Malaysia juga diberikan hak menjadi tuan rumah untuk SEA Games 2027, edisi ke-34. Edisi ke-32 akan diadakan di Kamboja dan ke-33 akan berlangsung di Thailand.

(dod)