OJK Buka Suara soal Raibnya Duit Nasabah Bank Riau Kepri

OJK Buka Suara soal Raibnya Duit Nasabah Bank Riau Kepri

Kantor OJK Kepri. (Foto: ist/Rasio.co)

Batam, Batamnews - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepulauan Riau (Kepri) meminta Bank Riau Kepri segera menyelesaikan investigasi internal atas kasus skimming yang dialami nasabah. 

Kepala OJK Kepri, Rony Ukurta Barus mengatakan pihaknya berharap kasus ini dapat segera terselesaikan. 

"Saya sudah konfirmasi, masalah ini sudah menjadi konsen dari kantor pusat Bank Riau Kepri. Dan mereka akan menurunkan tim khusus untuk investigasi. Yang kami harapkan investigasi ini akan berlangsung cepat dan tidak berlarut-larut," ujarnya, Selasa (10/5/2022).

Baca: Saldo Sejumlah Nasabah Bank Riau Kepri Raib

Dari konfirmasi yang diperolehnya, diketahui bahwa Bank Riau Kepri melakukan proses investigasi yang berfokus pada nasabah yang kehilangan uang di rekening tabungan mereka. 

“Kami minta Bank Riau Kepri tetap mematuhi prosedur yang berlaku, dengan melakukan pelaporan awal kepada Bank Indonesia,” jelasnya. 

Selain itu, dari pihak Bank Riau Kepri juga akan memperkuat sistem pengawasan bagi mesin ATM, dan sistem perbankan yang mereka miliki saat ini.

"Kenapa demikian, karena ini sesuai dengan ranah kami juga. Apa yang kami minta agar diperkuat lagi, demi reputasi perbankan mereka terutama di mata nasabah," katanya.

Baca: Bank Riau-Kepri Siap Ganti Uang Nasabah yang Dijebol Pelaku Skimming

Pihaknya juga meminta agar pihak Bank Riau Kepri tetap menjalin komunikasi kepada nasabah yang mengalami kerugian serta tetap memperhatikan keterbukaan informasi, terutama menyampaikan hasil investigasi yang mereka lakukan.

"Jangan nasabah sudah lapor, tapi kelanjutannya mereka tidak tahu. Keterbukaan informasi sangat penting untuk dilakukan saat ini," ucapnya.

(ret)

Berita Terkait