Bank Riau-Kepri Siap Ganti Uang Nasabah yang Dijebol Pelaku Skimming

Bank Riau-Kepri Siap Ganti Uang Nasabah yang Dijebol Pelaku Skimming

ilustrasi

Batam - Sejumlah mesin ATM Bank Riau-Kepri di Batam dikerjai pelaku skimming. Duit nasabah ludes hingga puluhan juta rupiah. Pihak bank mendeteksi alat skimmer dipasang di beberapa mesin ATM mereka.

Bank Riau-Kepri kini sedang melakukan penyelidikan. Hal ini merespon sejumlah laporan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Batam, Senin (9/5/2022).

Baca juga: Saldo Sejumlah Nasabah Bank Riau Kepri Raib 

Kepala Cabang Bank Riau Kepri-Batam, Baharuddin mengatakan, mereka memang menemukan adanya upaya skimming di sejumlah mesin ATM mereka.

"Benar ada dugaan skimming di sejumlah mesin ATM. Hal ini masih kami selidiki terus," ujarnya. 

Namun, Baharuddin belum dapat menjelaskan kasus tersebut secara detail, karena saat ini menjadi atensi serius kantor pusat Bank Riau Kepri. 

Pihaknya juga sedang menunggu siaran pers dari kantor pusat. “Saat ini kantor pusat juga tengah rapat perihal hilangnya uang sejumlah nasabah," katanya.

Walaupun begitu, Ia memastikan pihaknya tetap akan bertanggungjawab atas uang nasabah yang 'jebol'.  

"Jadi semua kehilangan akan diganti oleh Bank Riau Kepri. Saat ini tengah pendataan. Jumlah nasabah yang melapor belum pasti, dan masih ada penambahan hingga sore ini," sebutnya.

Sebelumnya, sejumlah pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Batam mendatangi Kantor Cabang Bank Riau Kepri, Batam, Senin (9/5/2022). Mereka melaporkan kehilangan uang di rekening tabungan secara misterius.

Baca juga: Pemkab Natuna Peroleh Dividen Rp 1 M dari Bank Riau Kepri Tahun Ini 

Mereka menduga menjadi korban skimming, atau pencurian data menggunakan alat khusus yaitu skimmer yang digunakan di ATM. 

Seorang ASN Pemko Batam, berinisial H misalnya, kehilangan uang sebesar Rp 12 juta di rekening tabungannya. 

"Saya kehilangan uang sebesar Rp 12 juta dari rekening saya. Sementara saya tidak ada melakukan transaksi apapun," ujarnya. 

(ret)

Berita Terkait